GazaCity, LiputanIslam.com –  Gerakan Perlawanan Islam Palestina, Hamas, menyatakan telah menjalin kesepakatan dengan Iran terkait dengan hubungan antara keduanya dalam menghadapi musuh bersama, Rezim Zionis Israel, membela Palestina dan Masjid al-Aqsa, dan menyokong perjuangan rakyat Palestina.

“Delegasi Hamas dalam kunjungan ke Teheran telah mengadakan pertemuan dengan Menteri Luar Negeri Iran Mohammad Javad Zarif, dan dia telah menegaskan pentingnya masalah Palestina dalam kebijakan luar negeri Teheran serta keharusan menjalin hubungan dengan faksi-faksi muqawamah (resistensi anti Israel), terutama Hamas,” ungkap Hamas dalam statemennya yang dirilis Senin (7/8/2017), seperti dilansir al-Quds al-Arabi.

Hamas menjelaskan bahwa Zarif memastikan kebijakan Republik Islam Iran tetap solid dan tidak akan berubah mengenai Palestina.

“Sesuai kebijakannya yang tak akan berubah ini Teheran terus menyokong rakyat Palestina dan perjuangan bangsa ini,” ungkap Hamas.

Mengutip pernyataan Zarif, Hamas menyebutkan, “Kami (Iran) siap mengabaikan semua perselisihan demi membela bangsa Palestina dan persatuan umat Islam.”

Anggota Biro Politik Hamas, Izzat al-Rishq, selaku ketua delegasi Hamas yang berkunjung ke Teheran mengapresiasi dukungan Iran kepada perjuangan rakyat Palestina.

Dia menegaskan bahwa hubungan Hamas dengan Iran terdorong oleh keharusan Hamas menjalin hubungan dengan seluruh komponen umat Islam yang memang harus peduli kepada isu Palestina yang notabene isu utama umat ini.

“Hamas meyakini keharusan persatuan Dunia Islam dan pengabaian perselisihan agar semua potensi umat Islam dapat dimanfaatkan untuk melawan musuh bersama, Rezim Zionis,” lanjutnya.

Mengenai pertemuan delegasi Hamas dengan Ali Larijani, ketua parlemen Iran Majelis Syura Islam, menyatakan bahwa dalam pertemuan ini Hamas juga telah menekankan bahwa pihaknya berusaha menjalin hubungan dengan semua kalangan di Dunia Islam tanpa memandang golongan dan kebangsaannya.

Hubungan Hamas dengan Iran sempat terusik oleh krisis Suriah karena Hamas berpihak kepada oposisi Suriah, sementara Iran mendukung pemerintah Suriah.

Delegasi Hamas berkunjung ke Teheran, ibu kota Iran, dan mengikuti upacara pelantikan Hassan Rouhani sebagai presiden Iran ke-12, Sabtu lalu (5/8/2017). Selain delegasi Hamas, delegasi Turki dan Qatar juga hadir dalam acara pelantikan Rouhani. (mm/alqudsalrabi)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL