palestina sami abu zuhri jubir hamasGazaCity, LiputanIslam.com – Juru Bicara Gerakan Perlawanan Islam Palestina, Hamas, Sami Abu Zuhri, menyatakan banyak target pejuang Palestina sudah tercapai dalam kesepakatan gencatan senjata jangka panjang atau permanen di Gaza. Dia juga mengatakan bahwa  para pengungsi Israel dapat kembali ke rumah mereka berkat keputusan Hamas, bukan Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu.

“Kami menang, sebab ini adalah kali pertama keluar keputusan resmi pengosongan pemukim (Yahudi) dari permukiman-permukiman sekitar Gaza. Kami menang karena kami telah menghancurkan pamor kedigdayaan Israel dan mitos bahwa pasukan Israel tak terkalahkan,” kata Abu Zuhri dalam jumpa pers di Gaza Selasa malam (26/8), sebagaimana dilansir Alalam.

Dia menambahkan bahwa gempuran pejuang Palestina telah menjangkau kedalaman Israel, dan sebelum kesepakatan ini dicapai pejuang Palestina telah membunuh dua tentara Israel.

“Kami katakan kepada orang-orang Israel bahwa setelah kesepakatan gencatan ini diterapkan silakan kalian kembali ke rumah-rumah kalian dengan keputusan Hamas, bukan keputusan Netanyahu,” tegasnya.

Dia juga menegaskan bahwa nilai keberhasilan ini merupakan pendahuluan bagi pembebasan al-Quds (Baitul Maqdis/Jerussalem) dan bukan sekedar pencabutan blokade Jalur Gaza.

“Sebagian besar target urgen telah kami capai dalam perang ini, dan sekarang kami sudah dekat dengan al-Quds,” tuturnya sembari mengingatkan bahwa yang menentukan perang atau damai sekarang adalah para pejuang Palestina.

Sebelumnya, Reuters melaporkan bahwa seorang pejabat Israel Selasa sore menyatakan Tel Aviv menerima prakarsa Mesir untuk gencatan senjata tanpa batasan waktu. Laporan ini dibenarkan oleh Abu Zuhri, dan gencatan senjata disepakati diterapkan sejak Selasa (26/8) pukul 16.00 GMT atau 23.00 WIB. (mm)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL