GazaCity, LiputanIslam.com –  Gerakan Perlawanan Islam Palestina (Hamas) dilaporkan sedang menyiapkan deklarasi dokumen politik barunya berupa pelantikan Ismail Haniyeh sebagai pemimpin baru faksi pejuang Palestina ini menggantikan Khaled Mashal.

Sebuah sumber anonim Hamas mengatakan, “Gerakan ini sedang melakukan persiapan untuk mengumumkan dokumennya pekan depan dari Doha, ibu kota Qatar, dan seminggu setelah itu akan mengumumkan kepala baru biro politiknya.”

Dia menjelaskan bahwa Hamas menyelenggarakan pemilihan yang mencakup wilayah  Jalur Gaza, Tepi Barat, penjara-penjara, dan luar negeri, dan sampai sekarang pemilihan ketua biro politiknya masih belum selesai.

Menurutnya, sudah ada konsensus para petinggi Hamas untuk kepemimpinan Ismail Haniyah dalam biro politik gerakan ini. Sementara ini Haniyah sekarang masih menjabat sebagai wakil ketua biro politik Hamas.

Sumber itu menambahkan bahwa popularitas Haniyah sangat besar, tidak bermusuhan dengan negara manapun, dan dekat dengan Khalid Mashal. Dia juga mengatakan bahwa pemimpin Hamas tidak harus berada di luar negeri.

Petinggi Hamas Ahmad Yusuf menulis artikel pada 3 April lalu berjudul “Hamas Dan Opsi Pengangkatan Pemimpin Terpercaya” menyebutkan bahwa orang yang akan memimpin Hamas tidak harus orang yang sudah popular kepemimpinan dan kekaderannya, melainkan juga bisa seorang tokoh terkenal yang dihormati dan diapresiasi oleh semua orang.

Dilaporkan bahwa setiap empat tahun sekali Hamas menyelenggarakan pemilihan jajaran kepemimpinannya di berbagai level organisasi, termasuk pemilihan anggota biro politik  dan dewan tinggi syura. (mm/rayalyoum)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL