isis anbarBaghdad, LiputanIslam.com – “Gubernur” (wali) kelompok teroris Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS) tewas bersama delapan anak buahnya tewas diterjang operasi militer pasukan khusus Irak di provinsi Anbar, Senin (9/2/2015). Demikian diumumkan sebuah sumber keamanan provinsi Anbar, sebagai dilaporkan situs berita Irak, al-Sumaria News.

“Pasukan keamanan yang didukung para petempur suku al-Jughaifah, Albu Nimr dan al-Obeid telah melancarkan sebuah operasi khusus terhadap tempat-tempat konsentrasi ISIS di kawasan al-Jazirah di bagian utara Anbar, mengakibatkan gubernur ISIS untuk kawasan tersebut, Jubair al-Alkawi, tewas bersama delapan orang asistennya, serta menimbulkan kerugian materi dan manusia dalam jumlah besar,” ungkap sumber yang meminta tidak disebutkan identitasnya tersebut karena tidak berwenang memberikan keterangan kepada pers.

Dia menambahkan, “Pasukan keamanan mencetak prestasi besar dalam operasi istimewa ini dengan membunuh wali ISIS.”

Dia mengatakan bahwa al-Alkawi terlibat dalam pembunuhan sejumlah warga sipil dan aparat keamanan di Anbar.

Laporan lain dari PUK Media menyebutkan bahwa sebanyak 24 teroris tewas diganyang tentara Irak dan pasukan di dekat kawasan Haditha, provinsi Anbar. Beberapa teroris juga tertangkap dalam peristiwa tersebut.

Dilaporkan pula bahwa tentara Irak kini sedang menyiapkan operasi pembebasan kawasan Hit dari cengkraman ISIS.

Di pihak lain, ISIS dilaporkan situs berita al-Mayadeen telah mengekskusi lima perwira Irak di kamp al-Ghazlani di selatan Mosul dengan diberondong peluru. Para korban adalah para perwira yang diculik ISIS di Mosul pada musim panas lalu.

Di Baghdad, ibu kota Irak, sedikitnya 14 orang tewas dan 43 lainnya luka-luka terkena serangan bom bunuh diri di sebuah lokasi padat pejalan kaki dan pedagang di sebuah halaman yang mengarah ke makam Imam Musa al-Kadhim ra di kawasan Kadimiya.

Ledakan bunuh diri juga terjadi di kawasan al-Husainiyah di bagian timur laut Baghdad, mengakibat satu orang tewas dan tujuh lainnya luka-luka. (mm)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL