Teheran, LiputanIslam.com –  Kepala Kantor Pemimpin Besar Revolusi Islam Iran Mohammad Mohammadi Golpaygani menyatakan bahwa petunjuk Pemimpin Besar Ayatullah Ali Khamenei dan perjuangan komandan Pasukan Quds Korps Garda Reveolusi Islam Iran (IRGC) Jenderal Qasem Solaimani telah merontokkan rencana-rencana Amerika Serikat (AS) dan Israel untuk Kurdistan Irak.

“Amerika dan Israel berencana mendirikan Israel ke-2 di Kurdistan Irak.  Memalukan, mereka mengibarkan bendera Israel, tapi petunjuk Pemimpin Besar Revolusi Islam dan perjuangan Mayjen Soleimani telah menggagalkan rencana-rencana mereka, dan Kirkuk telah dibebaskan tanpa pertumpahan darah,” katanya, Selasa (24/10/2017).

Sementara itu, Perdana Menteri Irak Haider Abadi di hari yang sama menyatakan bahwa pasukan Kurdistan, Peshmerga, telah bekerjasama dengan pasukan federal Irak dan tidak merespon seruan eskalasi dari sebagian pemimpin Kurdi.

Dia juga mengaku akan berkunjung ke Iran dan Turki untuk menyampaikan pendapat Irak mengenai masa depan kawasan.

“Irak telah memiliki pengaruh dan menjadi poros besar regional, dan akan berinteraksi dengan sangat fleksibel dengan semua tetangganya,” ujar Abadi.  (mm/alam/alsumarianews)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL