Beirut, LiputanIslam.com –  Tentara Suriah melancarkan sedikitnya  65 kali serangan udara ke berbagai kawasan yang dikuasai oleh kawanan bersenjata di provinsi Homs dan Hama di bagian tengah negara ini, Senin (16/3/2018).

Direktur Eksekutif Observatorium Suriah untuk HAM (SOHR), Rami Abdulrahman, menyatakan bahwa pemerintah Suriah memperhebat serangan udaranya untuk mendukung pergerakan pasukan daratnya.

“Rezim ini hendak membuka jalur aman dari Damaskus ke Homs hingga Aleppo sehingga melalui pertempuran ini berusaha menyediakan jalur cepat antara Homs dan Salamiyah,” ujar Abdulrahman lembaga yang bermarkas di Inggris ini kepada kantor berita Jerman, DPA.

Para aktivis mengatakan terjadi eskalasi pertempuran antara militan oposisi dan pasukan pemerintah Suriah di penghujung Minggu malam, dan pasukan pemerintah dapat bergerak maju di sebagian kawasan. Senjata artileri berat juga menerjang militan di bagian utara provinsi Homs dan bagian selatan provinsi Hama.

Sumber militer Suriah mengatakan bahwa setelah menguasai Ghouta Timur sepenuhnya kini tentara Suriah dan sekutunya mengalihkan operasi militernya ke berbagai kawasan Homs dan Daraa di bagian selatan Suriah.

Daraa merupakan daerah lahirnya pemberontakan terhadap pemerintahan Presiden Suriah Bashar Assad pada tahun 2011.

“Setelah berhasil mengamankan ibu kota, kini pasukan pemerintah akan beralih ke front-front utama lain untuk membebaskannya dari kawanan teroris,” ungkap sumber itu.

Keberhasilan tentara Suriah menguasai Ghouta Timur tercatat sebagai kemenangan terbesar mereka setelah menguasai penuh kota Aleppo pada tahun 2016.

Sementara itu, Pusat Rusia untuk Rekonsiliasi Suriah menyatakan telah ditemukan bahan peledak sebanyak 1.5 ton di Douma, kota terakhir yang berhasil direbut tentara Suriah dari pendudukan militan di kawasan Ghouta Timur belakangan ini.

Sabtu pekan lalu tentara Suriah mengumumkan keberhasilannya menguasai penuh Ghouta Timur setelah dilakukan tahap terakhir relokasi kawanan bersenjata Jaish al-Islam dari Douma ke Idlib. (mm/rayalyoum/rt)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL