pasukan israelGazaCity, LiputanIslam.com – Militer Israel menyatakan akan menarik semua pasukannya dari Gaza bersamaan dengan dimulainya penerapa gencatan senjata 72 jam sejak hari ini, Selasa (5/8) pukul 08.00 waktu Palestina, demikian dilaporkan Alalam.

Laporan lain dari Rai al-Youm menyebutkan bahwa tokoh senior Hamas Moussa Abu Marzouk menyatakan bahwa penarikan pasukan Israel dari Jalur Gaza terkandung dalam gencatan senjata yang diprakarsai Mesir tersebut.

“Pukul 08.00 akan dimulai senjata dan penarikan pasukan zalim Zionis dari Jalur Gaza,” tulisnya di jejaring sosial Twitter Selasa dini hari.
Hamas dan Israel telah bersepakat untuk menerapkan gencatan senjata sesuai inisiatif Mesir selama 72 jam, dimulai hari ini sejak pukul 08.00 waktu Palestina.

Juru Bicara Hamas, Fawzi Barhoum, Senin malam (4/8) dalam siaran persnya menyatakan, “Mesir telah memberitahu kami secara resmi kesepakatan kami atas prakarsa gencatan senjata untuk jangka waktu 72 jam, dimulai sejak Selasa pagi pukul 08.00 waktu Palestina.”

Hal senada juga diungkapkan di Twitter oleh anggota Biro Politik Hamas, Ezzat al-Rishq. “Hamas menyepakati gencatan senjata dan akan dimulai pembicaraan secara tidak langsung mengenai syarat-syarat gencatan senjata berdasar tuntutan pihak Palestina yang telah disepakati oleh delegasi Palestina dan telah diserahkan kepada pihak Mesir.”

Kesepakatan Hamas ini dinyatakan tak lama setelah Radio Israel memberitakan bahwa seorang pejabat Israel yang tak disebutkan namanya dari Kantor Perdana Menteri Benjamin Netanyahu menyatakan Tel Aviv menerima usulan gencatan senjata Mesir.

Radio Israel juga menyebutkan bahwa delegasi Israel rencananya akan segera bertolak ke Kairo, Mesir, untuk mengikuti perundingan mengenai gencatan senjata permanen. Hal yang sama juga dinyatakan oleh narasumber dari pihak Mesir.

Sementara itu, berdasarkan keterangan para diplomat, kantor berita AFP melaporkan bahwa Majelis Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) hari Rabu besok (6/8) akan menggelar sidang untuk membahas situasi Gaza, namun belum ada laporan lebih lanjut tentang rencana sidang tersebut. (mm)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL