kehancuran di aleppoAleppo, LiputanIslam.com –  Gencatan senjata di beberapa kawasan Suriah yang tercakup dalam perjanjian yang diprakarsai oleh oleh Amerika Serikat (AS) dan Rusia serta didukung PBB dilaporkan berjalan mulus dan memasuki hari kedua pada Minggu (28/2).

Pasukan pemerintah Suriah dan kelompok-kelompok pemberontak negara ini, seperti dilaporkan AFP dan dikutip Rai al-Youm, sama-sama konsisten untuk tidak saling serang sehingga tak seperti biasanya suasana di kawasan-kawasan itu menjadi tenang.

Lembaga Observatorium Suriah untuk HAM (SOHR) menyebutkan bahwa pada Sabtu malam lalu (27/8) sempat ada pelanggaran gencatan senjata namun terjadi dalam skala terbatas. Hanya saja, lembaga yang berbasis di London, Inggris, dan dekat dengan kalangan oposisi Suriah ini juga menyebutkan  adanya serangan udara hebat, tapi tak diketahui identitas beberapa jet tempur yang melancarkan serangan itu. Selain itu, juga tidak jelas apakah kawasan yang diserang tercakup dalam kesepakatan senjata, terutama di bagian utara dan barat Rif Aleppo dan bagian selatan Rif Hama.

Reporter AFP yang berada di lokasi melaporkan bahwa penduduk Aleppo yang terletak di bagian utara Suriah sejak Sabtu lalu dapat menikmati suasana tenang setelah sebelumnya hampir setiap hari dicekam oleh gemuruh dan kecamuk pertempuran antara pasukan pemerintah Suriah di satu pihak dan kelompok-kelompok pemberontak di pihak lain sejak tahun 2012.

Gencatan senjata ini merupakan yang pertama kalinya dipatuhi oleh kedua belah pihak sejak Suriah dilanda pemberontakan dan terorisme yang menjatuhkan banyak korban tewas dengan jumlah yang sangat mengerikan, yaitu lebih dari 270,000 orang.

Kelompok teroris Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS) dan Jabhah al-Nusra yang merupakan cabang al-Qaeda di Suriah tidak termasuk dalam perjanjian gencatan senjata. Karena itu, sebagaimana dikatakan sumber resmi Suriah dan SOHR, wilayah yang tercakup dalam perjanjian ini hanyalah sebagian besar Rif Damaskus, bagian selatan provinsi Daraa, bagian utara Rif Homs, bagian selatan Rif Hama serta kota Aleppo dan beberapa kawasan barat Rif Aleppo. (mm)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL