Foto asli dari Yemen Post, bintang segilima.

Sanaa, LiputanIslam.com –  Pasukan gabungan Yaman yang terdiri atas tentara negara ini dan pasukan Komiter Rakyat yang berafiliasi dengan Ansarullah (Houthi) telah menguasai sejumlah desa dan pos militer di Jizan, Saudi selatan.

Sumber-sumber Yaman, Ahad (15/7/2018), melaporkan bahwa beberapa tentara Saudi tewas dan senjata mereka direbut oleh pasukan Yaman yang menggempur sebuah pos Saudi di al-Sharfah, Najran. Satu komandan pasukan pendukung koalisi pimpinan Saudi tewas terkena sergapan pasukan Yaman di front pesisir Barat.

Jizan berada di bawah gempuran pasukan Yaman yang berhasil menguasai empat desa dan sejumlah pos militer Saudi di timur dan utara al-Dud dan dekat Gunung Dukhan. Pasukan Yaman menghancurkan empat kendaraan tempur dan menewaskan sejumlah tentara Saudi dan pasukan bayarannya serta menawan beberapa pasukan lainnya.

Pasukan Yaman juga menghancurkan sebuah kendaraan tempur pasukan loyalis mantan presiden Yaman Abd Rabbuh Mansour Hadi di Bukit Balbalah dekat pintu perbatasan al-Tiwal, Saudi, dan  menggempur kamp Pasukan Garda Nasional Saudi di Najran, serta menghadang upaya pasukan bayaran Saudi bergerak maju di Sahara Ajashir hingga menghancurkan dua kendaraan militer dan menewaskan pasukan kubu Saudi yang ada di dalamnya.

Di pesisir barat Yaman satu komandan terkemuka yang bersekutu dengan pasukan koalisi tewas terkena sergapan pasukan Yaman. Sumber-sumber militer menyatakan bahwa pasukan Yaman saat itu melancarkan serangan telak terhadap satu mobil militer dan meledakkannya hingga komandan bernama Ahmad al-Subaihi yang berpangkat kolonel dan memimpin markas Khalid bin Walid itu tewas bersama empat orang yang menyertainya. Media pasukan koalisi mengakui kolonel itu terbunuh bersama para pendampingnya.

Di kawasan Jawf, beberapa pasukan bayaran Saudi juga tewas dan beberapa lainnya terluka terkena sergapan pasukan Yaman yang juga menghancurkan beberapa kendaraan dan peralatan tempur mereka di distrik Khab dan Sha’af di dua front al-Hashimiah dan Sabrin. (mm/alalam)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*