Beirut, LiputanIslam.com –  Pasukan pemerintah Suriah, Pasukan Arab Suriah (SAA), berhasil bergerak maju sejarak 7 km dari kota al-Bab yang dikuasai kelompok teroris ISIS di bagian timur negara ini. Demikian dilaporkan lembaga Observatorium Suriah untuk HAM, Sabtu (28/1/2017).

Disebutkan bahwa SAA mendekati kota itu sejarak 7 km dari arah selatan setelah sejak Jumat lalu mereka berhasil merebut tiga desa, sementara pasukan Turki berkonsentrasi dan bergerak di arah utara.

Sejak beberapa pekan lalu kota ini dan wilayah sekitarnya mendapat serangan udara intensif dari jet-jet tempur Turki, Rusia, dan Suriah. Turki melancarkan serangan udara untuk mendukung serangan daratnya dengan sandi “Perisai Furat” yang dilancarkan sejak Agustus tahun lalu dengan sasaran ISIS dan para pejuang Kurdi.

Anadolu Jumat lalu melaporkan 22 anggota ISIS tewas terkena serangan udara yang terjadi belakangan ini.

Operasi Perisai Furat yang juga melibatkan kelompok-kelompok oposisi Suriah sejauh ini telah berhasil menghalau ISIS dari beberapa kota perbatasan Suriah-Turki, termasuk Jarablus.

Namun demikian, pembebasan kota al-Bab dari pendudukan ISIS tampak jauh lebih sulit. Buktinya, sampai sekarang para petinggi Turki belum dapat merealisasikan sumbarnya beberapa pekan lalu bahwa pihaknya akan dapat segera menguasai kota itu.

AFP mencatat sedikitnya 48 tentara Turki tewas, dan mereka sebagian besar terbunuh dalam pertempuran yang dimulai sejak 10 Desember lalu untuk merebut al-Bab dari tangan ISIS. (mm/raialyoum)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL