Beirut, LiputanIslam.com –  Pasukan Turki dan pasukan kubu oposisi Suriah yang didukungnya berhasil memasuki al-Bab, kota yang diduduki ISIS sejak 2014 di provinsi Aleppo, Suriah utara, Sabtu (11/2/2017). Demikian dilaporkan lembaga Observatorium Suriah untuk HAM.

Direktur eksekutif lembaga ini, Rami Abdulrahman, mengatakan kepada AFP, “Dalam operasi Perisai Furat, pasukan Turki dan kubu oposisi Sabtu telah menyerbu bagian barat kota al-Bab dan berhasil menguasai beberapa posisi.”

Dia menjelaskan bahwa pasukan yang tergabung dalam operasi bersandi Perisai Furat itu bergerak maju setelah pasukan udara Turki gencar menggempur posisi-posisi ISIS di kota yang menjadi sarang terbesar dan terakhir ISIS di provinsi Aleppo tersebut.

Sejak 24 Agustus 2016 Turki memulai serangan darat untuk pertama kalinya di wilayah Suriah dengan dalih memerangi ISIS dan kelompok-kelompok pejuang Kurdi. Semula mereka bergerak pesat, tapi kemudian melamban setelah pertempuran menghebat di sekitar al-Bab sejak Desember 2016.

7 Februari lalu dilaporkan bahwa ISIS sudah terkepung total di kota al-Bab setelah Pasukan Arab Suriah (SAA) terus bergerak maju ke arah kota ini.

SAA berhasil memutus rute suplai terakhir ISIS di al-Bab yang terhubung ke basis-basis lain kelompok teroris ini di bagian timur Suriah, dan dengan demikian dari arah selatan ISIS terkepung oleh SAA, sedangkan di utara oleh pasukan Perisai Furat, manakala Damaskus dan Ankara bersaing untuk merebut al-Bab.

10 Februari lalu dilaporkan sempat terjadi  kontak senjata antara kubu pasukan Perisai Furat dan  SAA yang berada di lokasi 1.5 km dari al-Bab. (mm/raialyoum)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL