عشرات القتلى لتحالف العدوان بقصف يمني في باب المندبSanaa, LiputanIslam.com –   Militer Yaman menyatakan sebanyak lebih dari 190 tentara koalisi pimpinan Arab Saudi tewas diterjang rudal pasukan Yaman, sementara Saudi mengakui satu perwiranya dan satu lagi perwira Uni Emirat Arab (UEA) tewas.

Juru bicara militer Yaman Brigjen Sharaf Luqman menyatakan Senin pagi (14/12) pasukan Yaman telah menghantamkan rudal jenis Tochka terhadap tempat konsentrasi pasukan koalisi pimpinan Saudi di wilayah barat daya Yaman mengakibatkan lebih dari 190 tentara koalisi itu tewas.

Dalam wawancara dengan al-Manar dia mengatakan bahwa operasi serangan pasukan Yaman itu dilancarkan berdasarkan hasil pantauan akurat.

“Kami akan menghanguskan siapapun yang mengagresi negara kami… Informasi yang ada menyebutkan lebih dari 190 mayat telah dievakuasi dari lokasi yang terkena gempuran,” katanya.

TV al-Masirah milik gerakan Ansarullah sebelumnya memberitakan bahwa rudal itu tepat mengena markas komando operasi pasukan koalisi di Shaab al-Jin di kawasan Bab al-Mandab, dan sebanyak 146 mayat tentara yang hangus terbakar telah dievakuasi ke kota Aden dan kamp militer Amran.

jenazah kolenel saudi

Jenazah perwira Saudi Kolonel Abdullah al-Sahyan.

Dia menambahkan bahwa pasukan koalisi telah mengirim satu kapal ke kawasan pantai Taiz untuk mengevakuasi tentara yang terluka dari kawasan dekat Bab al-Mandab.

Sumber militer Yaman kepada al-Masirah mengatakan jumlah pasukan koalisi yang terbunuh akibat serangan ini 152 orang yang minimal 23 di antaranya tentara Saudi, sembilan tentara UEA, tujuh perwira Maroko, dan 42 pasukan bayaran Black Water.

Mengutip laporan kantor berita Arab Saudi, SPA, Aljazeera melaporkan bahwa satu komandan senior Saudi Kolonel Abdullah al-Sahyan dan satu perwira UEA Sultan al-Kitbi terbunuh saat menjalankan tugasnya mengawasi operasi “pembebasan” provinsi Taiz di barat daya Yaman.

Aljazeera juga mengutip pernyataan seorang perwira Yaman kepada AFP bahwa dua perwira itu terbunuh akibat serangan rudal “pasukan pemberontak” di jalur pantai di provinsi strategis Taiz yang menghadap ke Selat Bab al-Mandab yang terletak di antara Laut Merah dan Teluk Aden.  (mm)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL