Teheran, LiputanIslam.com –  Gempa bumi berkekuatan 6,4 Skala Richter melanda kawasan barat Iran pada kedalaman 10 kilometer dengan getaran yang juga terasa di Baghdad, ibu kota Irak, Ahad (25/11/2018).

IRNA mengutip keterangan Institut Geofisika Universitas Teheran bahwa gempa itu melanda daerah yang terletak di 17 kilometer barat kota Sarpol-e-Zahab, Provinsi Kermanshah, atau 18 km dari Qasr-e Shirin dan 33 kilometer dari kota Gilan-e Gharb.

Lembaga ini mencatat kekuatan gempa sebesar 6,4 Skala Richter yang diikuti sejumlah gempa susulan berkekuatan mulai dari 5,2-3 Skala Richter.

Gempa ini mengakibatkan lebih dari 500 orang terluka, dan getarannya juga terasa di sebagian besar kota di provinsi Kermanshah, Ilam Iran, Tabriz dan Urmia.

Masyarakat Bulan Sabit Merah Iran telah mengirimkan tim bantuan dan penyelamat ke daerah-daerah yang terdampak, dan pejabat setempat telah melaporkan adanya beberapa warga yang cidera.

Kekhawatiran akan kemungkinan terjadinya gempa susulan membuat penduduk terpaksa keluar ke jalan-jalan dan taman-taman di tengah cuaca dingin.

Seperti dikutip Fars, Wakil Gubernur Provinsi Kermanshah mengatakan bahwa sejumlah orang yang sebagian besar berada di dua kota Sarpol-e-Zahab dan Gilan-e-Gharb dirawat karena cedera.

Pejabat itu menambahkan bahwa pasokan listrik terputus di beberapa daerah yang terkena dampak di Provinsi Kermanshah, dan tim teknis segera berupaya memulihkan pasokan listrik.

Sementara itu, Survei Geologi Irak menyatakan gempa itu dirasakan di Baghdad dan Erbil, namun Kementerian Dalam Negeri Irak mengatakan belum ada laporan mengenai adanya kerusakan ataupun korban akibat gempa.

November lalu, Provinsi Kermanshah dilanda gempa berkekuatan 7,3 Skala Richter, yang menyebabkan  ratusan orang meninggal dunia. (mm/presstv)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*