Pakistani-TalibanKarachi, LiputanIslam.com – Komandan dan tokoh penting Taliban bernama Abid Muchtar Jumat (16/5/2014) tewas dalam kontak senjata dengan tentara Pakistan di kawasan Manghopir, Karachi, yang menjadi sarang berbagai kelompok militan.

Selain Abid Muchtar, satu komandan Taliban lainnya bernama Muhammad Hussain juga tewas dalam insiden yang sama.

Muchtar adalah gembong jaringan teroris di Manghopir, Kunwari Colony dan Pirabad. Dia juga didakwa telah membunuh perwira polisi Pakistan bernama Shafiq Tanoli.

Berbagai kelompok militan pro Taliban telah melancarkan beberapa kali serangan terhadap aparat keamanan dan warga sipil Pakistan. Mereka juga terus mengembangkan pengaruhnya di berbagai wilayah Pakistan walaupun tentara Pakistan melancarkan serangan secara sporadis terhadap mereka.

Kaum militan sangat aktif di berbagai wilayah semi-otonomi suku-suku Pakistan yang berbatasan dengan Afghanistan. Ribuan orang di Pakistan kehilangan nyawanya akibat peledakan bom dan berbagai aksi serangan kaum militan lainnya sejak tahun 2001, yaitu sejak Pakistan menjadi sekutu Amerika Serikat dalam apa yang disebut aliansi perang melawan terorisme.

Selain itu, ribuan orang lainnya juga terpaksa mengungsi akibat gelombang kekerasan dan militansi yang melanda berbagai kawasan Pakistan. (mm/presstv)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL