Kairo, LiputanIslam.com – Liga Arab menutup pertemuan darurat tingkat menlunya di Kairo, Mesir, Ahad (19/11/2017), dengan merilis resolusi berisi kecaman keras terhadap Iran dan Hizbullah. Organisasi negar-negara Arab ini menyebut rudal “buatan Iran” yang diluncurkan Ansarullah (Houthi) di Yaman ke wilayah Saudi merupakan “ancaman bagi keamanan Arab”, dan menilai Hizbullah yang berbasis di Lebanon sebagai  organisasi “teroris yang menyokong kelompok-kelompok teroris di negara-negara Arab.”

Resolusi ini keluar setelah dalam pertemuan darurat yang digelar atas permintaan Riyadh ini Menlu Saudi Adel Al-Jubeir mengecam Iran dan menyatakan “tidak akan berpangku tangan” terhadap “agresi” Iran.

Liga Arab menegaskan bahwa rudal balistik “buatan Iran” yang “menyasar Riyadh merupakan “agresi terbuka dan ancaman bagi keamanan bangsa Arab” dan “Saudi berhak membela dan mempertahankan wilayahnya dengan tindakan-tindakan yang akan diambil terhadap pelanggaran ini dalam kerangka hukum internasional.”

Liga Arab juga menegaskan bahwa Hizbullah “bertanggungjawab menyokong kelompok-kelompok teroris di negara-negara Arab”, dan bahwa Korps Garda Revolusi Islam Iran (IRGC) telah “mendirikan kelompok-kelompok teroris” di Bahrain.

Sekjen Liga Arab Ahmed Aboul Gheit dalam jumpa pers usai pertemuan itu menyatakan negara-negara Arab secara umum peserta pertemuan ini menyetujui resolusi tersebut, Lebanon dan Irak yang sama-sama tidak mengirim menlu, melainkan wakil menlu. Lebanon dan Irak mengecam pasal-pasal resolusi yang menyudutkan Hizbullah dan Iran.

Dia menambahkan, “Pada tahap ini negara-negara Arab tidak akan menyatakan perang terhadap Iran, karena tujuannya ialah mengimbau dan mengecam tindakan-tindakannya.”

Dia juga mengatakan bahwa Liga Arab akan menjelaskan kepada ketua Dewan Keamanan PBB ihwal resolusi ini “berkenaan dengan rudal balistik” dan “pelanggaran Iran terhadap resolusi 2216 Dewan Kamanan PBB karena mempersenjatai milisi-milisi teroris.” (mm/rayalyoum)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL