qassem-soleimani-di-irakArbil, LiputanIslam.com –  Media Iran, Senin (24/10/2016), melaporkan bahwa jenderal termasyhur Iran Qasem Soleimani, komandan Brigade al-Quds Korpd Garda Revolusi Islam Iran (IRGC), berada di Irak dan masuk ke wilayah Kurdistan.

Disebutkan bahwa dia sudah masuk ke kota Arbil, ibu kota wilayah Kurdistan Irak, Minggu (23/10/2016).

Menurut lembaga pemberitaan Mehr milik Iran, jenderal yang disebut-sebut andil dalam pembebasan banyak daerah di Irak dan Suriah dari pendudukan teroris ini datang ke wilayah Kurdistan Irak secara mendadak untuk memberikan nasihat militer kepada pasukan pemerintah pusat Irak dan pasukan Kurdistan Peshmerga dalam operasi pembebasan Mosul, Irak utara.

Beberapa sumber menyebutkan bahwa dia menemui keluarga para korban di pihak pasukan Kurdistan, termasuk keluarga Hossein Mansour, salah satu komandan terkemuka Peshmerga yang terbunuh dalam pertempuran melawan ISIS  pada tahun 2015.

Mayjen Soleimani diduga juga mengadakan pertemuan dengan para pejabat dan petinggi militer Kurdistan untuk mengetahui perkembangan terkini seputar perang Mosul.qassem-soleimani-berdoa

Kamis pekan lalu mantan komandan Divisi Mohammad Rasulullah yang berafiliasi dengan IRGC , Ismail Kosari, menepis laporan mengenai adanya para penasehat militer Iran dalam operasi pembebasan Mosul yang dimulai Senin pekan lalu.

Soleimani diduga akan memberikan nasihat militer terutama kepada pasukan relawan al-Hashd al-Shaabi, termasuk di kota Tel Afar di utara Mosul yang mayoritas penduduknya bersuku Turkmen dan bermazhab Syiah.

Iran menyokong al-Hasdh al-Shaabi dalam perang pembebasan Mosul untuk menguasai kota Tel Afar dan untuk menumpas ISIS bersama pasukan Suriah di wilayah perbatasan.

Media Iran menyebutkan bahwa penguasaan atas Tel Afar akan memperkuat koordinasi antara al-Hashd al-Shaabi dan pasukan Suriah.

Qasim Soleimani adalah jenderal terkemuka Iran yang ikut terlibat dalam operasi penumpasan ISIS di Irak dan Suriah. Foto dan videonya bersama pasukan al-Hashd al-Shaabi di Irak pernah beredar luas. Dia juga menemui pasukan militer dan para pejabat tinggi Irak dalam operasi pembebasan kota Fallujah di Irak barat.

Dia juga terlihat berada di sejumlah kawasan Suriah, termasuk Aleppo yang menjadi ajang pertempuran sengit pasukan pemerintah Suriah dan sekutunya melawan kawanan teroris dan pemberontak. (mm/raialyoum)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL