delegasi kuwait di irakNajaf, LiputanIslam.com – Sebuah delegasi dari Kuwait mengadakan pertemuan dengan ulama Syiah terkemuka Irak Ayatullah Ali al-Sistani di kota Najaf al-Ashraf, Irak, dalam rangka menggalang persatuan dan solidaritas Islam serta perang melawan radikalisme.

Menurut laporan al-Mayadeen, Senin (6/7), delegasi Kuwait itu terdiri atas para ulama Islam dari badan-badan wakaf Sunni dan Syiah Kuwait, termasuk Wakil Ketua Dewan Ummat dan Penasehat Politik Emir Kuwait, dan dipimpin oleh Wakil Ketua Dewan Syura Umat (parlemen) Kuwait, Mubarak al-Khurainaj.

“Kami datang ke Irak untuk mengungkapkan apresiasi kami kepada penduduk Najaf al-Ashraf, saudara kami rakyat Irak, Ayatullah al-Sistani dan para marji’ (ulama panutan) lain atas penghormatan mereka kepada para syuhada Kuwait yang gugur dalam peristiwa peledakan belum lama ini di Masjid Imam Jakfar al-Shadiq (Kuwait),” ungkap al-Khurainaj dalam konferensi pers.

Seperti diketahui, peristiwa serangan teror bom telah menerjang masjid Imam Jakfar al-Shadiq ra milik umat muslim Syiah di Kuwait dan menewaskan 28 jamaah dan melukai puluhan lainnya, 26 Juli lalu. Kelompok teroris takfiri Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS) menyatakan bertanggungjawab atas serangan ini.

Aksi teror mematikan ini kemudian membangkitkan inisiatif umat Islam Sunni dan Syiah untuk menggalang semangat solidaritas dan persatuan Islam dengan mendirikan shalat Jumat bersama Sunni dan Syiah di Masjid Agung al-Kabir di Kuwait City yang juga diikuti oleh Emir Kuwait Sheik Sabah al-Ahmad al-jabir al-Sabah, para pejabat senior Kuwait lain, dan ribuan umat Islam Sunni dan Syiah, Jumat (3/7). (mm)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL