haykal01Beirut, LiputanIslam.com –  Tersiarnya beberapa foto pertemuan jurnalis dan pemikir tersohor Mesir Mohammad Husain Haykal dengan Sekjen Hizbullah Lebanon mengundang kehebohan dan beragam tanggapan dan komentar di dunia maya. Demikian dilaporkan FNA, Kamis (18/2).

Tanpa menjelaskan ihwal kehebohan itu, FNA menyebutkan bahwa menyusul berita wafatnya Haykal, Hizbullah Rabu (17/2) segera menyampaikan ucapan belasungkawa yang mendalam kepada rakyat Mesir dan bangsa-bangsa Arab lain atas kepergian jurnalis besar yang juga dikenal sebagai sejarawan Islam dan nasionalis Arab itu. haykal02

Hizbullah menyatakan bahwa pikiran, pena dan masa hidup Haykal telah memperlihatkan patriotisme sosok ini sehingga semua isu penting dunia Arab tak ada yang luput dari sorotannya, terutama isu Palestina.
Hizbullah dalam statemen belasungkawanya juga menyatakan bahwa Haykal menjalin hubungan erat dengan para pejuang dan pemimpin Hizbullah dalam rangka menjaga khittah persatuan, jihad  dan kemenangan.

“Kenangan beliau akan senantiasa hidup dalam kalbu kami,” ungkap Hizbullah.

Seperti pernah diberitakan, Haykal yang juga menjadi penasehat mendiang Presiden Mesir Gamal Abdel Nassir  menghembuskan nafas terakhirnya pada Rabu (17/2) akibat sakit yang dideritanya pada usia hampir 93 tahun. (Baca: Inna Lillahi, Penulis Besar Mesir Husain Haykal Tutup Usia).

haykal04Beberapa lama sebelum meninggal, sempat beberapa kali beredar rumor di jejaring sosial bahwa dia telah wafat, namun selalu dibantah oleh pihak keluarga.

Dalam beberapa foto yang dimuat laman FNA terlihat alm. Haykal berpose dengan begitu akrab bersama Nasrallah dari masa ke masa, dari sejak Nasrallah masih bercambang hitam hingga bercambang putih sehingga menunjukkan kedekatan Haykal dengan pemimpin milisi pejuang Lebanon anti Israel tersebut.  

Salah satu foto adalah foto koran al-Ahed edisi 22 Rabiul Awal 1419 / 17 Juli 1998 yang memajang berita dan foto pertemuan Haykal dengan Nasrallah dan menyebutkan pernyataan keduanya bahwa “muqawamah”(perjuangan melawan Israel) jawaban sejarah”, dan “Iran pantang takut”. (mm)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL