pasukan irak di fallujah3Fallujah, LiputanIslam.com – Pasukan pemberantas terorisme Irak berhasil menguasai sepenuhnya kawasan al-Syuhada di bagian selatan kota Fallujah, Provinsi Anbar , Irak barat, setelah bertempur sengit dari rumah ke rumah melawan gerombolan teroris Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS). Demikian dikatakan komandan pasukan pemberantasan terorisme Irak, Kol. Haidar Fadhil, sebagaimana dilansir situs berita al-Youm7, Kamis (9/6).

“Pasukan pemberantas terorisme bertekad untuk membebaskan semua penjuru Fallujah,” lanjutnya.

Dia menjelaskan bahwa baru sekarang pasukan Irak bergerak maju di dalam Fallujah selama kota ini dikuasi ISIS sejak dua tahun silam, dan bersamaan dengan ini pasukan Irak juga memasuki bagian barat Fallujah untuk pembebasan.

Fallujah masih terus dikepung total oleh tentara, polisi, pasukan adat setempat, dan pasukan relawan. Pasukan Irak terus bergerak maju mendesak ISIS hingga terjadi perang kota.

Hadi al-Amiri, sekjen organisasi relawan Badar yang merupakan bagian dari kelompok besar relawan al-Hasdh al-Shaabi, menantang siapa saja yang bermaksud membantu menyelamatkan ISIS di Fallujah.

“Fallujah terjangkit kangker berupa ISIS, siapa saja yang ingin membela ISIS silakan membela, sebab pembelanya pasti ISIS juga,” tegasnya.

Dia menambahkan, “ISIS memilikii media, politisi dan pasukan. Kami akan membabat ISIS, dan di jalan Allah kami tidak akan terusik oleh celaan orang yang suka mencela.”

Lebih lanjut dia menyerukan polisi Anbar, relawan setempat, dan pasukan adat lokal untuk berpartisipasi penuh dalam operasi pembebasan Fallujah. Dia juga mengimbau Perdana Menteri Haider Abadi supaya tidak membuka front pertempuran baru sebelum Fallujah bebas.

Sementara itu, Baghdad kembali diguncang serangan bom mobil hingga jatuh korban tewas 12 orang dan korban luka 49 orang.

Badan Intelijen Irak mengaku berhasil mengidentifikasi dan menghabisi segerombolan teroris ISIS yang terdiri atas 17 orang yang terlibat dalam kelompok Wilayah Utara Baghdad dan Wilayah Diyala. (mm)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL