irak fallujah bebasFallujah, LiputanIslam.com – Gerombolan teroris Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS) sudah dekati nafas terakhirnya di kota Fullujah di provinsi Anbar, Irak barat, yang sejak tahun 2014 diduduki ISIS dan menjadi salah satu sarang mereka.

Pasukan Irak sudah bertebaran di jalan-jalan protokol dan pusat pemerintahan di kota ini. Bendera Irak bahkan sudah berkibar di gedung pusat pemerintahan daerah setempat. Para komandan perang pasukan Irak dalam suratnya kepada Perdana Menteri Irak Haider Abadi menyatakan Fallujah sudah bebas dan kembali ke tangan pasukan Irak.

Sebagaimana dilaporkan IRNA, bebasnya Fallujah itu dinyatakan oleh Wakil Ketua Dewan al-Hashd al-Shaabi (pasukan relawan) Abu Mahdi al-Muhandis, Sekjen Organisasi Badr Hadi al-Amiri, dan Komandan Operasi Fallujah Abdul Wahab al-Saidi, Jumat (17/6).

Al-Saidi menegaskan bahwa gedung-gedung pusat pemerintahan daerah Fallujah sudah jatuh ke tangan pasukan Irak sehingga bendera negara inipun berkibar di sana.

Seorang perwira Irak dalam wawancara dengan AFP mengatakan bahwa dalam proses pembebasan itu pasukan ISIS memilih kabur dari lokasi.
“Para anggota ISIS kabur dan sama sekali tidak melakukan perlawanan terhadap serangan pasukan Irak di kawasan al-Halabisah dan Albu Alwan di bagian barat Fallujah,” katanya.

Tentang ini pula juru bicara operasi gabungan pasukan Irak di Fallujah, Yahya Rasul, mengatakan kekuatan ISIS di Fallujah sudah melemah. Apa yang dapat mereka lakukan sekarang hanyalah mengaktifkan dan memasang bahan-bahan peledak untuk menghadang gerak maju pasukan Irak ke arah mereka.
Operasi militer besar-besaran untuk pembebasan Fallujah dimulai pada 23 Mei lalu dengan melibatkan Angkatan Bersenjata, Kepolisian Federal, pasukan relawan al-Hashd al-Shaabi dan pasukan adat setempat.

Sebelum membebaskan Fallujah sendiri, pasukan gabungan itu terlebih dahulu membebaskan distrik Karmah dan Saqlawiyah serta puluhan desa yang ada di sekitar Fallujah. Setelah itu pasukan relawan berhenti bertempur sementara pasukan Irak lainnya terus bergerak maju menuju pusat kota Fallujah dengan membebaskan terlebih dahulu kawasan-kawasan selatan.

Puluhan Teroris Terbunuh di Ramadi

Laporan lain dari Markas Kepolisian Provinsi Anbar menyebutkan puluhan teroris ISIS tewas diterjang operasi pasukan keamanan Irak di beberapa kawasan utara kota Ramadi, provinsi Anbar.

“Pasukan keamanan Jumat pagi melancarkan operasi serangan masif terhadap para teroris ISIS di poros utara Ramadi (110 km barat Baghdad), mengakibatkan puluhan teroris ISIS tewas,” ungkap kepala kepolisian Anbar Hadi Razij.

Dia menjelaskan bahwa operasi itu berhasil mengungkap dan menghancurkan tempat-tempat persembunyian kawanan teroris ISIS yang berusaha menyusup ke kawasan utara Ramadi. Mereka membuat tempat-tempat persembunyian itu di kawasan sahara dan perbukitan untuk melancarkan serangan baru. (mm)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL