Ramallah, LiputanIslam.com –  Faksi-faksi nasionalis maupun Islamis pejuang Palestina di Tepi Barat, Rabu (26/7/2017), menyerukan “mobilisasi umum dan unjuk rasa lanjutan” di semua kawasan demi membela Masjid al-Aqsa pada hari Jumat besok.

Dalam sebuah statemen bersama yang dirilis usai pertemuan para pemimpin faksi-faksi itu di Ramallah, Tepi Barat, mereka menyerukan pendirian shalat Jumat besok di lapangan-lapangan umum.

Dalam statemen terpisah, Gerakan Perlawanan Islam Palestina, Hamas, di Tepi Barat menyerukan kepada seluruh orang Palestina, terutama para kader Hamas sendiri, agar “keluar berunjuk rasa dan bergerak menuju titik-titik kontak dengan pasukan Israel demi mendukung kesolidan para pembela Baitul Maqdis.”

Hamas menegaskan, “Tekanan secara kontinyu dari bangsa kita akan dapat mengendalikan rezim pendudukan dan memaksa mereka menarik keputusannya terkait dengan al-Aqsa… Peniadaan pintu-pintu elektronik (metal detector) dan penggantiannya dengan kamera dan penggeledahan dilakukan untuk meredakan kemarahan rakyat setelah bangsa kita menyentak rezim pendudukan dengan kesolidan dan penolakannya terhadap pintu-pintu itu.”

Selama hampir dua pekan ini Baitu Maqdis diwarnai aksi protes dan bentrokan warga Palestina dengan pasukan Israel menyusul pemasangan pintu pemindai logam yang akhirnya dibongkar sendiri oleh Rezim Zionis tersebut pada dini hari Rabu kemarin setelah mendapat perlawanan hebat dari warga Palestina.

Perlawanan ini dilakukan antara lain dengan penyelenggaraan shalat bukan di dalam Masjid al-Aqsa melainkan di jalanan sekitar masjid. Namun, meskipun pintu itu sudah dibongkar, aksi protes dengan cara serupa terus dilakukan untuk menuntut penghentian agresi tergadap masjid ini, dan pemulihan keadaan seperti sebelum tanggal 14 Juli lalu. (mm/rayalyoum)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL