nirawak iran2Washington, LiputanIslam.com – Penerbangan pesawat kamikaze nirawak (drone) Iran mendapat sorotan dari sebuah media yang berbasis di Amerika Serikat (AS). Situs berita Examiner Minggu (28/12) menyebutkan bahwa pada Sabtu lalu (27/12) Iran sukses menguji coba pesawat nirawak yang didesain menjadi drone “Kamikaze” dan baru sekarang digunakan dalam latihan perang yang sedang dilakukan oleh militer Iran.

Mengutip pernyataan Komandan AD Iran Jenderal Ahmad Reza Pourdastan, Examiner menambahkan apa disebut Iran sebagai “pesawat bunuh diri” itu dapat langsung menggasak sasaran di udara maupun darat dan laut tanpa terdeteksi, dan dapat pula dipakai sebagai alat pertahanan untuk mengecoh rudal dan pesawat musuh. (Baca juga: Pertama Kali, Militer Iran Uji Coba “Pesawat Bunuh Diri”)

“Tidak ada keterangan secara spesifik kepada wartawan mengenai kapabilitas pesawat nirawak Kamikaze Iran itu, tapi sebagian analis intelijen dan para kontraterorisme menyebutkan bahwa desain baru pesawat nirawak itu bisa jadi jenis pesawat siluman (stealth) sehingga tidak terpantau sistem pendeteksi semisal radar,” tulis Examiner.

Media publikasi jurnalisme politik yang berbasis di Washington DC ini juga mengutip pernyataan Pourdastan bahwa Iran berhasil melakukan seperti apa yang ia tunjukkan sekarang setelah sekian tahun berusaha membuat pesawat nirawak anti radar.

Examiner mengutip pernyataan para petinggi intelijen Israel bahwa latihan tempur besar-besaran itu dilakukan Iran sebagai pesan kepada sekutu Syiahnya di berbagai penjuru kawasan, terutama kepada gerakan Ansarullah atau kelompok al-Houthi yang belakangan terus menguat di Yaman, termasuk di Sanaa, ibu kota negara ini.

Di bagian akhir, Examiner menyebutkan para pakar intelijen AS berkeyakinan bahwa Iran menggunakan teknologi AS dan Inggris dalam pembuatan pesawat-pesawat nirawaknya. Menurut media ini, dalam beberapa tahun terakhir telah terjadi beberapa kasus penyelundupan suku cadang dari Eropa dan AS ke Iran serta transfer teknologi Barat ke Iran melalui berbagai jalur. (mm)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL