Istanbul, LiputanIslam.com –  Hubungan Turki dengan Jerman terus memburuk. Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan bahkan menuding otoritas Jerman berperilaku seperti NAZI, menyusul pelarangan unjuk rasa para aktivis Turki di Jerman.

“Jerman, Anda tidak memiliki hubungan apapun dengan demokrasi, dan Anda harus tahu bahwa tindakan Anda saat ini tidak berbeda dengan orang-orang pada periode Nazi,” kecam Erdogan pada sebuah aksi demo di Istanbul, Minggu (5/3/2017).

Dia menambahkan, “Kami akan berbicara tentang tindakan Jerman di gelanggang internasional, dan akan membuat mereka malu di depan mata dunia…Kami tidak ingin melihat aksi fasis mereka… Kami semula mengira era itu merupakan masa lalu, tapi tampanya tidak demikian.”

Belum lama ini otoritas kota Gaggenau, Jerman, mencabut izin unjuk rasa bagi Uni Demokrat Turki Eropa (UETD) yang dekat dengan Erdogan. Otoritas kota ini beralasan mereka kuatir terhadap faktor keamanan unjuk rasa pro-referendum yang akan diselenggarakan oleh Erdogan pada 16 April mendatang.

Refrendum itu sendiri ditujukan untuk menghapus kantor perdana menteri dan memberikan kewenangan lebih besar kepada posisi presiden yang selama ini bersifat seremonial.

Kantor Kanselir Jerman Angela Merkel belum menanggapi pernyataan Erdogan tersebut, namun pemimpin partai tempat dia berasal, Uni Demokrasi Kristen, menyebut Erdogan “berlaku seperti anak kecil yang kemauannya tidak dituruti.”

Sebelumnya, Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan menuding Jerman negara penyokong terorisme, setelah otoritas Jerman membatalkan dua pertemuan menteri Turki dengan warganya di Jerman.

Awal pekan lalu, otoritas Turki menahan jurnalis surat kabar Die Welt milik Jerman dengan dakwaan melakukan aksi mata-mata untuk Jerman, dan Jermanpun membantah tudingan Erdogan ini dengan menyebutnya tidak masuk akal.

Sementara itu, Austria mendesak Uni Eropa agar memberlakukan larangan kampanye mendukung referendum tersebut. (mm/presstv)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL