erdogan hitlerAnkara, LiputanIslam.com –  Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan mengaku tidak akan menggubris apabila dirinya oleh Eropa disebut sebagai  diktator atas represinya terhadap militan Partai Buruh Kurdi (PKK) dan para simpatisannya. Dia bahkan menyatakan Eropa terlibat terorisme.

“Eropa, secara keseluruhan, terlibat terorisme. Meskipun mereka menyatakan PKK sebagai organisasi teroris, ini jelas … kita melihat bagaimana PKK dapat bertindak begitu bebas dan nyaman di Eropa,” katanya dalam pidato televisi, Minggu (6/11/2016).

Ankara menjadi sasaran kecaman internasional menyusul aksi penangkapan belakangan ini terhadap sejumlah pemimpin dan anggota parlemen dari Partai Rakyat Demokratik (HDP) yang pro-Kurdi dengan dalih menyelidiki terorisme.

“Mereka (para kritikus Barat) tidak seharusnya menyita pikiran sendiri untuk sesuatu yang nihil. Kami tahu juga siapa mereka. Kami mempelajari sejarah mereka dengan baik. Kita tahu itu dengan baik.  Saya mengetahui dengan baik mereka selama 14 tahun saya menjabat sebagai perdana menteri dan presiden. Saya sekarang bisa membacanya seperti sebuah buku yang terbuka. Saya tidak peduli jika mereka memanggil saya seorang diktator atau apapun. Itu masuk di satu telinga, keluar dari telinga lain,” imbuhnya.

Erdogan mengklaim sebanyak 800 anggota pasukan keamanan Turki dan lebih dari 300 warga sipil tewas di tangan PKK sejak perjanjian gencatan senjata dicabut.

Jumat lalu pasukan keamanan Turki menahan dua wakil ketua HDP dan 12 orang anggota parlemen partai oposisi kedua terbesar ini. Mereka didakwa menjadi anggota PKK dan mempromosikan kelompok yang dicap teroris oleh pemerintah Turki ini.

Aksi penangkapan ini memancing reaksi kecaman kepala kebijakan luar negeri Uni Eropa Federica Mogherini, Menteri Luar Negeri Jerman Frank-Walter Steinmeier, juru bicara Kementerian Luar Negeri Perancis Romain Nadal, dan para pejabat Eropa lainnya.

Minggu kemarin Perdana Menteri Turki Binali Yelderim mengklaim HDP pernah memberikan bantuan dana untuk terorisme. (mm/presstv)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL