Ankara, LiputanIslam.com –  Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan menyambut baik penolakan Qatar terhadap daftar permintaan yang diajukan Saudi dan sekutunya kepada Qatar, dan menyebut permintaan ini menyalahi hukum internasional.

“Kami menyambut gembira (sikap Qatar) karena kami menganggap daftar yang terdiri atas 13 poin itu berlawanan dengan hukum internasional,” katanya, seperti dilansir kantor berita resmi Turki, Anadolu.

Berbicara dengan wartawan usai shalat Idul Fitri, Minggu pagi (25/6/2017), di Masjid Istanbul, dia menambahkan bahwa permintaan yang ditujukan kubu Saudi kepada Qatar yang notabene sekutu Turki itu “terlampau jauh”.

“Apa yang kita bicarakan di sini ialah serangan terhadap kedaulatan sebuah negara,” ungkapnya.

Seperti diketahui, sejak 5 Juni lalu Arab Saudi, Uni Emirat Arab, Bahrain, dan Mesir ramai-ramai memutuskan hubungan diplomatiknya dengan Qatar, kemudian menerapkan beberapa sanksi terhadap Doha dengan menutup zona darat, laut, dan udaranya terhadap Qatar serta meminta warga negara Qatar keluar dari wilayah mereka.

Kubu Saudi itu kemudian mengajukan daftar tuntutan kepada Qatar berisikan 12 poin sembari menetapkan tenggat waktu 10 hari bagi Qatar untuk menerapkannya demi menyudahi sanksi tersebut.  Qatar lantas menyatakan bahwa desakan kubu Saudi itu tidak realistis.

Kubu Saudi antara lain menuntut penutupan jaringan berita TV Al-Jazeera yang mereka nilai telah mengobarkan perselisihan antarnegara regional. Mereka juga mendesak Qatar agar menurunkan level hubungan diplomatiknya dengan Iran, menutup pangkalan militer Turki di Qatar, dan memutus hubungannya dengan kelompok-kelompok yang mereka sebut teroris, termasuk Ikhwanul Muslimin dan Hizbullah.

Sebagai sekutu Qatar, parlemen Turki beberapa waktu lalu mengesahkan keputusan pengiriman ribuan personil tentaranya ke Qatar, dan sejauh ini di Qatar sudah puluhan tentara Turki.

Erdogan menyebut desakan supaya Turki menarik pasukannya dari Qatar “tidak menghargai Turki.” (mm/rayalyoum)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL