Ankara, LiputanIslam.com – Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan menyatakan tidak akan menutup pangkalan militernya di Qatar seperti yang diminta oleh kubu Saudi untuk normalisasi hubungan mereka dengan Qatar.

Dalam wawancara dengan channel berita France 24 milik Perancis, Rabu (5/7/2017), Erdogan mengatakan, “Meskipun penutupan pangkapan militer Turki tercantum dalam 13 persyaratan yang diajukan oleh negara-negara Arab untuk normalisasi hubungan dengan Qatar kami tidak akan menutupnya dengan alasan apapun. Tanpa permintaan Qatar kami tidak akan menutup pangkalan kami, kami konsisten kepada perjanjian kami, dan permintaan supaya pangkalan ini ditutup tidak bisa diterima.”

Dia lantas menyoal, “Mengapa negara-negara Arab tidak meminta dan menuntut penutupan pangkalan militer Amerika dan Perancis di Qatar?”

Dia mengingatkan bahwa di Irak dan Suriah sudah terjadi krisis besar dan perang Saudi sehingga seharusnya menjadi pelajaran agar krisis baru tidak terjadi di wilayah Teluk Persia.

“Untuk menghindari krisis di kawasan ini saya sudah melakukan pembicaraan dengan raja Arab Saudi dan memintanya supaya mencegah terjadinya krisis baru di kawasan ini,” katanya.

Menurutnya, daftar permintaan kubu Arab Saudi yang terdiri atas 13 poin mengabaikan hak dan kedaulatan sebuah negara sehingga tidak bisa diterima.

“Turki dan Qatar sudah meneken perjanjian pertahanan pada tahun 2014, dan pengadaan pangkalan militerpun dilakukan sesuai perjanjian ini. Pada tahun itu pula juga kami mengajukan permintaan serupa untuk membuka pangkalan serupa kepada Arab Saudi, dan merekapun mengatakan akan mempelajarinya, tapi ternyata tidak memberikan respon,” terangnya.

Dia juga menegaskan, “Dengan alasan apapun kami tidak menerima (tuduhan) bahwa Qatar adalah negara teroris atau pendukung terorisme, karena sejak 15 tahun silam kami justru melihat pemerintah Qatar melawan teror dan terorisme.”

Presiden Erdogan kemudian mengaku pihaknya masih optimis krisis Qatar akan dapat diselesaikan. (irna/mm)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL