Ankara, LiputanIslam.com – Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan mengecam pernyataan Putera Mahkota Arab Saudi Mohammad Bin Salman mengenai istilah “Islam moderat.”

Seperti dilaporkan koran Turki Hurriyet, Erdogan menegaskan bahwa yang ada hanyalah “Islam yang satu”, bukan “Islam moderat” dan “Islam non-moderat”.

Pernyataan Erdogan ini merupakan kritikan terhadap statemen Bin Salman pada 24 Oktober lalu bahwa Saudi akan dikembali kepada “Islam moderat.”

Erdogan mengatakan, “Sekarang, orang yang menggunakan istilah ini mungkin bergumam bahwa istilah ini adalah miliknya. Saya katakan kepadanya, ‘Tidak, istilah ini bukan inisiatif Anda. Orang yang menggagas istilah ‘Islam moderat’ adalah Barat.”

Dia kemudian mengecam larangan bagi perempuan mengemudi mobil yang pernah sekian lama diterapkan Saudi dan akhirnya dicabut.

“Anda berbicara mengenai Islam moderat, sementara Anda tidak memperkenankan perempuan mengemudi mobil. Dalam Islam tidak ada ketentuan yang melarang perempuan mengemudi mobil,” katanya.  (mm/rayalyoum)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL