BuenosAires, LiputanIslam.com – Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan di sela Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di Buenos Aires, Argentina, tercatat telah sepenuhnya memasa bodohkan Putra Mahkota Arab Saudi Mohamed bin Salman (MbS) ketika Erdogan melintas tepat di depannya, padahal di sela tersebut MbS berjabat tangan dengan Presiden Rusia Vladimir Putin.

Sikap Erdogan ini dinilai sebagai cara dia untuk menunjukkan bahwa Turki tidak akan mundur dalam pendiriannya terhadap kasus pembunuhan wartawan Saudi Jamal Khashoggi di konsulat Saudi di Istanbul, Turki pada 2 Oktober lalu.

Tak hanya itu, Erdogan bahkan sengaja menghindari peristiwa apapun yang mengesankan adanya hasrat Turki untuk berdialog dengan Saudi di sela KTT G20. Dalam rangka ini, dia sudah berpesan kepada pihak protokoler Turki untuk sedapat mungkin menghindari momen yang dapat dimanfaatkan oleh MbS untuk dialog.

Sikap cuek Erdogan terhadap MbS saat melintas di depannya menandakan berlanjutnya krisis hubungan Turki dengan Saudi, meskipun MbS pada KTT “Davos in Desert 2018” telah berbasi-basi dengan memuji hubungan Saudi-Turki dan menyebut Erdogan sebagai pemimpin besar.

Meski demikian, kepada wartawan di sela KTT G20 Sabtu lalu Erdogan menyinggung Saudi dengan mengatakan bahwa Ankara tak berniat merusak hubungannya dengan Riyadh.

“Kami belum pernah melihat ini sebagai masalah politik.  Kami ingin memastikan bahwa pembunuhan terungkap dalam semua aspeknya, dan bahwa para pelaku diadili,” katanya.

Erdogan mengatakan pembunuhan itu diperintahkan oleh pimpinan tertinggi Saudi, tetapi bukan Raja Salman, sehingga MbS-lah yang menjadi sorotan publik.

“Kami tidak tertarik untuk melukai negara Arab Saudi atau keluarga kerajaan Saudi. Kami percaya untuk menerangkan semua aspek pembunuhan, dan penuntutan semua pelaku akan menjadi kepentingan Arab Saudi, ”lanjut Erdogan.

Seperti diketahui, kasus pembunuhan Khashoggi mengusik hubungan Arab Saudi dengan Turki dan Barat serta menjatuhkan citra MbS di mata dunia.

Saudi mengklaim MbS tidak mengetahui sebelumnya pembunuhan itu. Saudi memberikan penjelasan-penjelasan yang tak singkrun satu lain hingga kemudian menyatakan bahwa Khashoggi terbunuh dengan kondisi mayatnya termutilasi. (mm/raialyoum/reuters)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*