alqaidah yamanSanaa, LiputanIslam.com – Kelompok bersenjata yang diduga sebagai anggota jaringan teroris al-Qaeda Ahad (6/7/2014) menyerang pasukan Yaman di kawasan Shabikhuni, provinsi Abin, bagian selatan Yaman, mengakibatkan enam tentara negara ini tewas.

Mengutip keterangan pejabat militer Yaman, AFP melaporkan bahwa milisi yang terafiliasi dengan al-Qaeda itu meledakkan bom di sebuah jalan raya yang dilintasi oleh sebuah mobil tentara Yaman, mengakibatkan semua orang yang ada di dalam mobil itu tewas. Milisi itu lantas menjarah senjata para korban kemudian kabur.

Akhir bulan April lalu pasukan Yaman melancarkan operasi darat secara masif terhadap posisi-posisi milisi al-Qaeda di provinsi Abin dan provinsi Shabwa. Operasi itu bertujuan membasmi kelompok milisi yang menamkan dirinya al-Qaeda di Semenanjung Arab (AQAP) di beberapa kota kecil dan desa yang tersebar di dua provinsi tersebut.

Amerika Serikat (AS) menyebut AQAP sebagai organisasi teroris yang sangat berbahaya. AQAP pernah berusaha namun gagal menyerang beberapa tempat yang menjadi pusat kepentingan AS di Yaman.
AQAP berhasil menguasai beberapa kawasan di bagian selatan dan timur Yaman melalui aksi serangan yang terjadi ketika Yaman sedang dilanda krisis yang menggulingkan diktator Ali Abdullah Saleh pada tahun 2011. (mm)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL