kuwait-anwar-gargashAbudhabi, LiputanIslam.com –  Uni Emirat Arab (UEA) meminta presiden terpilih Amerika Serikat (AS), Donald Trump, meningkatkan campurtangan AS di Timteng dan mengambil keputusan strategis terkait dengan perkembangan situasi di kawasan yang penuh gejolak ini.

Menlu UEA Anwar Mohammed Gargash mengatakan, “Pengaruh Washington sekarang ini semakin dirasa penting.”

Di depan para politisi dalam sebuah pertempuran di Abu Dhabi, ibu kota UEA, dia mengatakan, “Selama delapan tahun ini AS bertindak lemah di kawasan ini sehingga banyak orang yang merasakan adanya kevakuman, karena itu kita sekarang patut menantikan kinerja yang lebih jelas dari Donald Trump. Diperlukan satu strategi yang dominan untuk menggantikan sikap-sikap marginal dalam isu-isu regional.”

Dia menilai sepak terjang AS di Timteng sebagai sesuatu yang positif sehingga, menurutnya, jika AS berhenti berperan di Timteng maka dampaknya akan buruk bagi kawasan ini,

“Kebijakan presiden incumbent AS Barack Obama mengenai penarikan (pasukan) dari kawasan ini menimbulkan kekacauan dan kekerasan. Untuk mengatasi roda kekacauan diperlukan keputusan yang sulit, tindakan kolektif, dan pencarian cara-cara yang konstruktif secara kontinyu,” tuturnya.

Hubungan AS dengan negara-negara Arab, termasuk UEA, mendingin di masa kepresidenan Obama menyusul terjalinnya kesepakatan nuklir Iran dengan enam negara terkemuka dunia yang tergabung dalam Kelompok 5+1.

Sementara itu, mengenai hubungan UEA dengan Iran, Gargash mengatakan pihaknya siap berdialog “konstruktif dan realistis” dengan Iran dengan syarat Iran bersedia mengubah perilakunya selama ini.

Menanggapi adanya kekuatiran terhadap dialog dengan Iran dia mengatakan, “Tidak seharusnya kita menolak pandangan yang logis, kita perlu dialog konstruktif, realistis, dan berlandaskan undang-undang yang jelas.”

Dia kemudian menyebutkan syarat dialog dengan Iran berupa “keharusan Iran menghormati kedaulatan negara-negara Arab, menyudahi tindakannya mempengaruhi kaum Syiah di negara-negara lain, dan berhenti mengekspor revolusi.” (mm/irna/gulfnews)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL