London, LiputanIslam.com –  Wakil Ketua Dewan Tinggi Keamanan Nasional Uni Emirat Arab (UEA), Ali Mohammed bin Hamad al-Shamsi, telah berkunjung ke Suriah pada Juli lalu, dan diduga kuat dia telah menemui Dirjen Intelijen Umum Suriah, Mayjen Mohammed Dieb Zeitoun. Demikian dilaporkan oleh surat kabar Al-Akhbar, Sabtu (15/9/2018).

Koran terbitan Lebanon ini menyebutkan bahwa al-Shamsi dan Dieb Zeitoun telah membahas situasi keamanan dan mekanisme pencairan hubungan kedua negara yang telah dibekukan oleh UEA sejak Suriah dilanda krisis pemberontakan dan terorisme.

Menurut al-Akhbar, UEA bertekad memulihkan perwakilan diplomatik antara kedua negara sembari berharap hal ini tidak membangkitkan kegusaran Arab Saudi. UEA mencanangkan “pemulihan secara tidak langsung” hubungan kedua negara melalui pelimpahan urusan kedutaan besar untuk Suriah kepada Duta Besar UEA untuk Lebanon, Hamas Said al-Shamsi.

Tidak ada bantahan dari pihak Suriah terhadap laporan al-Akhbar ini, dan tidak ada pula keterangan mengenai bagaimana delegasi UEA tiba ke Damaskus, ibu kota Suriah.

Al-Akhbar menambahkan bahwa meskipun Suriah masih dalam suasana perang namun kedua negara hingga batas tertentu masih menjaga “kehangatan” hubungan melalui kanal-kanal keamanan, terutama karena keduanya masih dipertemukan oleh permusuhan terhadap kelompok Ikhwanul Muslimin. (mm/raialyoum)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*