مقتل امير سعودي وفشل هجوم بري مصري في ابين باليمنSanaa, LiputanIslam.com – Perwira tinggi Arab Saudi, Mayjen Fahd bin Turki bin Abdulaziz al-Saudi, dikabarkan tewas ketika melakukan inspeksi ke kawasan perbatasan Saudi-Yaman, tepatnya di desa Majda’ah, Sabtu malam lalu (11/4).
Mengutip laporan situs September Net milik Departemen Pertahanan Yaman, situs berita Alalam Kamis (15/4) menyebutkan emir Saudi itu menemui ajalnya dalam sebuah insiden kontak senjata.

Beberapa waktu lalu Kementerian Pertahanan Saudi mengakui tiga perwiranya tewas dan beberapa orang lainnya luka-luka dalam kontak senjata di perbatasan Saudi-Yaman, namun tidak menyebutkan adanya orang penting yang tewas di antaranya.

Alalam menyebutkan bahwa sejumlah emir berjumpul di tempat kediaman Turki bin Abdulaziz al-Saudi untuk menyatakan belasungkawa kepada keluarga yang berduka cita atas kematian Fahd bin Turki.

Menurut laporan ini, pasukan adat Yaman Sabtu lalu telah menguasai pos pertama Saudi di wilayah perbatasan Saudi di distrik Baqem, provinsi Sa’dah setelah para pejuang dari suku Takhyah menyerbu lokasi menara militer Saudi yang terhitung sebagai lokasi besar dan terpenting di kawasan Najran.

Di lokasi itu terdapat sistem pertahanan rudal dan perlengkapan militer dalam jumlah besar, dan dari tempat strategis itu pasukan Saudi melakukan pemantauan terhadap wilayah Yaman dan Saudi sendiri. Lokasi itu dikitari oleh benteng atau dinding besar, namun berhasil dikuasai kelompok suku bersenjata Yaman.

Laporan lain dari situs Non14 yang mengutip berita dari koran al-Ula menyebutkan bahwa para pejuang dari suku Takhyah menyerbu dan menguasai lokasi itu setelah orang-orang berada di situ diketahui telah membunuh empat warga suku tersebut. Para pejuang datang membalas dan menghabisi 18 tentara Saudi, sementara beberapa tentara Saudi lainnya kabur ke wilayah Saudi. Mereka juga merampas senjata dan peralatan militer yang ada di lokasi milik tentara Saudi tersebut. (mm)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL