Baghdad, LiputanIslam.com –  Emir Qatar Syeikh Tamim bin Hamad al-Thani menyampaikan ucapan selamatnya via telefon kepada Perdana Menteri Irak Haider Abadi, Sabtu (15/7/2017), atas kemenangan Irak melawan kelompok teroris takfiri Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS) di kota Mosul, Irak utara.

“Kemenangan ini tercapai berkat jerih payah dan pengorbanan pasukan Irak, dan merupakan kemenangan bagi seluruh Arab dan sukacita yang abadi bagi Irak. Kami siap untuk bersama dan mendukung Anda, dan kami yakin bahwa Anda telah memimpin Irak menuju daratan yang aman,” ungkap al-Thani.

Dia juga menegaskan kesiapan Qatar bekerjasama dengan Irak di semua bidang.

Di pihak lain, Abadi meresponnya dengan mengatakan, “Kami bersyukur kepada Allah SWT atas pertolongan dan anugerahNya, dan bahwa apa yang telah terwujud ini merupakan buah hasil pengorbanan orang-orang Irak dan persatuan mereka melawan terorisme. Kami telah menumpas terorisme secara militer, dan harus ada kerjasama untuk menumpasnya dari segi pemikiran.”

Abadi menambahkan bahwa terorisme berpangkal pada pertikaian dan ketercerai beraian umat.

“Karena itu kita harus bersatu melawannya, dan bekerja berdasarkan banyak titik persamaan yang mempertemukan bangsa-bangsa kita, dan kita campakkan perselisihan,” ungkapnya.

Kedua pihak lantas sama-sama menekankan pentingnya penguatan hubungan antara Irak dan Qatar, pemberantasan terorisme, dan kerjasama di bidang-bidang ekonomi dan perdagangan. (mm/alalam)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL