Teheran, LiputanIslam.com –  Jubir Kemlu Iran Bahram Qassemi menyatakan bahwa polisi Inggris telah menangkap para penyerang Kedubes Iran untuk Inggris di London, Jumat (9/3/2018).

Qassemi mengatakan bahwa Dubes Inggris untuk Iran menyampaikan permintaan maaf negaranya atas insiden tersebut dan mengatakan bahwa polisi anti-huru hara hadir di kompleks Kedubes Iran dan mengendalikan situasi.

Dia menekankan bahwa semua tindakan yang diperlukan telah dilakukan untuk melindungi para diplomat Iran dan mencegah masuknya penyerang ke gedung kedubes.

Wakil Menlu Iran Urusan Politik, Abbas Araqchi, menyampaikan protesnya kepada Dubes Inggris untuk Iran di Teheran atas peristiwa itu dan meminta otoritas Inggris menerapkan pengamaan secara ketat dan menindak tegas para pelaku.

Kantor berita Iran, IRNA, melaporkan bahwa sejumlah orang telah memanjat dinding Kedubes Iran tersebut dan menurunkan bendera Iran, sementara polisi Inggris tidak melakukan tindakan apapun untuk melindungi kompleks tersebut selama aksi itu berlangsung.

Dubes Iran untuk Inggris Hamid Baeidinejad di halaman resmi Twitter-nya  mengkonfirmasi adanya serangan itu, dan menyebutkan bahwa pelaku bahkan membawa pisau dan tongkat serta meneriakkan slogan-slogan anti pemerintah Iran.

Bahram Qassemi mengatakan bahwa para penyerang yang naik ke balkon Kedubes Iran itu sudah ditangkap. Dia mendesak supaya para pelaku diadili dan dihukum.

Para pelaku adalah para ekstremis Syiah pendukung Sadeq Shirazi. Mereka beraksi bukan hanya dengan mengutuk pemerintah Iran, melainkan juga menghujat Khulafa Rasyidin dan istri Rasulullah SAW, Sayyidah Aisyah RA.

Kelompok Sadeq Shirazi adalah kelompok ekstremis Syiah yang menentang persatuan Islam sehingga memusuhi pemerintahan Iran, terutama figur Pemimpin Besar Iran Ayatullah Sayyid Ali Khamenei, yang memperjuangkan persatuan Islam. (mm/alalam/presstv)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*