Yaman rusakLondon, LiputanIslam.com – Laman mingguan Economist yang berbasis di London, Inggris, menyebutkan bahwa para pengamat politik menilai Barat turut andil dalam kejahatan Arab Saudi di Yaman, karena Barat adalah pemasok utama pesawat-pesawat tempur yang digunakan Saudi untuk membombardir Yaman.

Economist 26 Juli 2016 menyebutkan bahwa 90 tahun silam pesawat-pesawat tempur Inggris membombardir sasaran-sasaran berupa kabilah-kabilah pembangkang di Semenanjung Arab dengan tujuan memperkuat kekuasaan Abdulaziz bin Saud, pendiri kerajaan Arab Saudi. Sekarang 90 tahun sudah berlalu dan merupakan era perubahan, tapi di semenanjung ini tak ada apapun yang berubah.

Sekarangpun Inggris bersama Amerika Serika dan Perancis memasok ratusan pesawat tempur kepada Saudi, mempersenjatai Saudi, dan memberikan layanan untuk pesawat-pesawat tempur itu supaya digunakan Saudi untuk menggempur Yaman.

Menurut Economist, perang Yaman luput dari pantauan tajam khalayak dan parlemen negara-negara dunia, tapi kenyataannya ialah bahwa operasi serangan udara Saudi sedemikian luas hingga melebihi operasi udara Rusia di Suriah.

Dengan izin negara masing-masing, perusahaan-perusahaan pembuat senjata Barat memberikan bantuan-bantuan informasi, logistik dan pengisian bahan bakar di udara untuk jet-jet tempur saudi agar dapat terbang setiap hari sedapat mungkin. Jumlah penerbangan jet-jet tempur Saudi jauh di atas jumlah penerbangan jet-jet tempur Rusia di Suriah.

Economist menambahkan bahwa Barat mengkalim keberadaan pilot Barat di Yaman ditujukan untuk memberikan pengarahan akurasi senjata supaya tidak melanggar undang-undang perang dan demi melindungi jiwa warga sipil, tapi kenyataan di lapangan justru sebaliknya. Lembaga Amnesti Internasional dalam laporannya bulan Mei lalu menyatakan bahwa lebih dari separuh korban tewas sipil yang berjumlah ribuan adalah korban serangan udara Saudi dan sekutunya yang berjalan selama 16 bulan. (mm)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL