Gaza, LiputanIslam.com –  Dua warga Palestina, termasuk seorang anak kecil, gugur syahid dan 17 lainnya terluka terkena tembakan pasukan Zionis Israel terhadap massa pengunjuk rasa damai Palestina di dekat pagar keamanan yang memisahkan Jalur Gaza timur dengan Israel, Jumat (9/2/2019).

Departemen Kesehatan Palestina dalam siaran pers singkatnya menyatakan bahwa Hamzah Mohammad Ashtiwa, 18 tahun, dan Hassan Iyad Shalabi, 14 tahun, gugur syahid diterjang peluru tajam tentara Israel di perbatasan timur Jalur Gaza.

Lembaga itu juga menyebutkan bahwa sebanyak 17 warga Palestina lainnya terluka ditembus peluru tajam yang ditembakkan oleh tentara Israel terhadap demonstran.

Pada hari itu, sebagaimana setiap hari Jumat sebelumnya sejak beberapa bulan lalu, warga Palestina kembali menggelar aksi damai yang dinamai “Masirat al-Awdah” atau “Great March of Riturn” (Pawai Akbar untuk Kepulangan).

Dalam aksi ini massa Palestina meneriakkan hak para pengungsi Palestina untuk kembali ke kampung halamannya, termasuk di wilayah Israel (Palestina pendudukan 1948). Selain itu, mereka juga menuntut diakhirinya blokade Israel terhadap kawasan Jalur Gaza.

Aksi itu kerap dihadapi Israel dengan tindakan represif hingga sejauh ini telah jatuh puluhan korban jiwa dan ribuan korban luka. (mm/raialyoum)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*