korban bom israelGaza, LiputanIslam.com – Dua komandan pejuang Palestina gugur dan satu lainnya luka-luka akibat serangan udara Israel di lokasi dekat pantai kota Gaza, Jumat (27/6/2014). Kedua korban yang gugur adalah Osama al-Hasumi, 29 tahun, dan Mohamed al-Faseih, 24 tahun. Pejabat setempat menyatakan mereka diserang di kawasan kamp pengungsi al-Shatai, Gaza City.

“Jenazah kedua syahid dibawa ke rumah sakit al-Shifa dalam kondisi sudah hancur akibat serangan jet tempur Israel terhadap sebuah mobil di kamp pengungsi al-Shatai, bagian barat kota Gaza,” ungkap Juru Bicara Departemen Kesehatan Palestina, Ashraf al-Qodrah, sebagaimana dilansir al-Alam.

Beberapa sumber lain menyebutkan bahwa peluru yang ditembakkan jet tempur Israel tepat mengena mobil yang ditumpangi oleh para korban. Kedua korban yang gugur adalah penduduk kawasan Syekh Rizwan, Gaza, dan merupakan komandan Brigade Nasir Salahuddin.

Middle East Eye melaporkan bahwa serangan di hari Jumat itu terjadi tak lama setelah serangan artileri Israel yang menjatuhkan enam korban cidera, dua di antaranya anak kecil dan satu perempuan hamil, di Khan Younis, Jalur Gaza. Saat itu sebuah masjid juga rusak berat diterjang peluru tank Israel.

Israel gencar melancarkan serangan militer dan aksi penangkapan di Tepi Barat sejak ada tiga warga Yahudi dinyatakan hilang pada pertengahan Juni lalu di dekat blok permukiman Yahudi Ghush Etzion. Rezim Zionis itu menuduh Hamas telah melakukan penculikan terhadap tiga warga Yahudi tersebut, namun Hamas membantahnya.

Sejak itu, menurut Middle East Eye, sedikitnya tujuh warga Palestina gugur dan sekitar 600 warga lainnya, termasuk beberapa anggota legislatif yang berafiliasi dengan Hamas, ditangkap oleh pasukan Israel.

Hingga kini belum ada pihak yang menyatakan bertanggungjawab atas kasus hilangnya tiga pemukim Yahudi tersebut. Namun badan intelijen Israel, Shin Bet, menyebutkan dua nama anggota Hamas sebagai terduga utama dalam kasus tersebut. (mm)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL