Gaza, LiputanIslam.com –  Dua warga Palestina gugur syahid diterjang peluru pasukan Zionis Israel dalam peristiwa bentrokan yang pecah selama aksi protes “al-Awdah” (The Great March of Riturn) yang diikuti oleh ribuan orang Palestina di dekat perbatasan Jalur Gaza-Israel, Jumat (22/3/2019).

Juru bicara Kementerian Kesehatan Palestina di Jalur Gaza, Ashraf al-Qudrah mengatakan, “Dua warga Palestina terbunuh oleh pasukan Israel selama pawai al-Awdah pada hari Jumat. Satu di antara keduanya berusia 18 tahun dan ditembak di bagian kepala di timur kota Gaza. Sedangkan korban kedua berusia 29 tahun, dan gugur syahid di timur kamp pengungsi Al-Bureij akibat tembakan yang mengena bagian dadanya.”

Aksi The Great March of Riturn telah berlangsung setiap hari Jumat sejak beberapa bulan lalu dengan tujuan meneriakkan hak para pengungsi Palestina untuk kembali ke kampung halaman mereka, termasuk di wilayah Israel (Palestina pendudukan 1948). Selain itu, aksi tersebut juga ditujukan untuk meneriakkan tuntutan agar Israel menghentikan blokadenya terhadap Jalur Gaza.

Serangan pasukan Zionis Israel terhadap warga Palestina yang mengikuti aksi ini telah menjatuhkan ratusan korban jiwa dan ribuan korban luka. (mm/raialyoum)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*