ISIS eksekusi penduduk saat menguasai Mosul, Irak.

ISIS eksekusi penduduk saat menguasai Mosul, Irak.

Baghdad, LiputanIslam.com – Pejabat Partai Uni Patriotik Kurdistan Irak bidang media Ghayyas Surji menyatakan kawanan teroris ISIS dalam dua pekan lalu telah mengeksekusi sekitar 2000 orang di kota Mosul yang diduduki ISIS di bagian utara Irak.

“Korban sebagian besar adalah para pegawai pemerintah Irak. Kelompok takfiri ISIS telah memublikasikan daftar nama 2000 orang itu serta memajangnya di tembok pusat-pusat kepolisian lokal Sumar di timur Mosul,” ujar Surji, Selasa (4/8), seperti dikutip Alsumaria News.

Secara lebih detail Surji mengatakan bahwa para korban sebagian besar adalah tentara, staf komisi pemilu, dan para pegawai lembaga-lembaga pemerintahan Irak.

Menurutnya, ISIS telah meminta kepada keluarga korban supaya tidak usah mencari jenazah korban, dan situasi di Mosul sangat rawan dan mencekam.

“ISIS sengaja menebar rasa takut dan ancaman di tengah warga agar warga tidak berpikir untuk melakukan pemberontakan terhadap kelompok ini,” katanya.

Sementara itu komisi perempuan dan anak di parlemen Irak Senin lalu (3/8) menyatakan bahwa sejak menduduki Mosul pada musim panas tahun lalu ISIS telah menculik 1600 perempuan Irak penganut aliran Yazidi.

Dilaporkan pula bahwa ISIS Senin lalu juga telah mengeksekusi 19 wanita karena menolak “jihad nikah” yang sudah lama dicetuskan ISIS sebagai penyemangat perang para anggotanya yang sebagian besar adalah warga negara asing. (mm)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL