Iraqi-soldiersBaghdad, LiputanIslam.com – Sebanyak 44 militan kelompok Negara Islam Irak dan Suriah (ISIL) dinyatakan tewas dalam dua operasi penyergapan yang dilancarkan tentara Irak Selasa (8/4).

Juru bicara Kementerian Luar Dalam Irak Brigjen Saad Maan mengatakan, “Tentara Irak dari Satuan 17 menyerbu kawanan bersenjata ISIL yang berjumlah 25 orang saat kelompok ini sedang berusaha menyerang barak militer Irak di kawasan Duwailiya, selatan Baghdad. Semua kawanan itu tewas akibat serbuan tersebut.”

Di lokasi yang sama pekan lalu tentara Irak juga telah membunuh 40 gerilyawan bersenjata ketika mereka berusaha menyerang satuan militer Irak. Pasukan militer Irak belakangan ini dikerahkan dan disebar ke berbagai penjuru, terutama di sekitar Baghdad, untuk mengendalikan keamanan yang memburuk.

Brigjen Saad Maan juga menyebutkan keberhasilan operasi tentara Irak di Fallujah. Dia mengatakan, “Pasukan reaksi cepat yang didukung angkatan udara dan artileri berhasil menggempur dua markas ISIL dan menyebabkan 19 anggota kelompok ini tewas dan 27 lainnya cidera.”

Dia menambahkan, “Serangan terhadap dua markas itu dilancarkan ketika para tinggi ISIL mengadakan pertemuan di Fallujah. Serangan ini juga menghancurkan lima kendaraan dan gudang besar tempat penyembunyian bahan peledak dan senjata.”

Sejak akhir Desember 2013 tentara Irak yang dibantu milisi Sunni al-Sahwa dan kelompok-kelompok suku menggalakkan operasi militer untuk mengusir militan ISIL yang menguasai sebagian kawasan di provinsi al-Anbar yang berbatasan dengan Suriah sepanjang 30 kilometer. (mm/alalam)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*