AlQuds, LiputanIslam.com –  Dua orang Palestina gugur ditembak pasukan Israel dalam aksi unjuk rasa di Jalur Jalur Gaza, Jumat (11/5/2018).

Jubir Departemen Kesehatan Palestina di Gaza, Ashraf al-Qudrah, dalam siaran persnya menyebutkan, “Telah gugur Jabr Salim Abu Mustafa, 40 tahun, ditembak di bagian dada oleh pasukan pendudukan Zionis di timur Khan Yunis (Jalur Gaza selatan) dan satu lagi pemuda dari Jabaliya.”

Dia menambahkan bahwa dalam peristiwa itu sebanyak 167 orang juga menderita luka dengan kondisi yang variatif dan tujuh di antaranya kritis.

Berbagai laporan menyebutkan bahwa bentrokan antara massa Palestina dan pasukan Israel terjadi di berbagai kawasan di sepanjang pagar pembatas Jalur Gaza dan wilayah Israel (Palestina pendudukan 1948).

Aksi unjuk rasa berlangsung setiap hari Jumat sejak peringatan Hari Bumi Palestina pada 30 Maret lalu dan akan menemukan puncaknya pada pertengahan minggu depan. Dalam aksi itu mereka antara lain meneriakkan hak seluruh pengungsi Palestina untuk kembali ke kampung halaman mereka, termasuk di wilayah Palestina pendudukan 1948, dan mengutuk pemindahan Kedubes Amerika Serikat untuk Israel dari Tel Aviv ke Al-Quds (Baitul Maqdis/Yerussalem).

Menurut data resmi, sebanyak 47 orang Palestina telah gugur syahid dan lebih dari 8000 lainnya menderita luka dalam aksi aksi yang sudah berjalan lebih dari dua bulan itu dan akan menemukan puncaknya pada15 Mei mendatang, dan ketika itu aksi tersebut akan genap 70 hari. (mm/rayalyoum)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*