Bendera Ahrah al-Sham (kiri) dan bendera Jabhat al-Nusra (kanan).

Damaskus, LiputanIslam.com –  Kelompok teroris besar di Suriah Jabhat al-Nusra dan kelompok-kelompok teroris lain sekutunya bertempur hebat melawan kelompok teroris Ahrar al-Sham yang juga didukung beberapa kelompok teroris lain sekutunya.

Kamis lalu (26/1/2017), Rai al-Youm melaporkan belum pernah kelompok-kelompok teroris di Suriah  bertempur sedahsyat yang berlangsung dewasa ini. Sementara al-Alam Jumat kemarin (27/1/2017) menyebutkan Jabhat al-Nusra yang belakangan berganti nama menjadi Jabhat Fateh al-Sham mendatangkan bala bantuan dari utara provinsi Hamah  untuk menggempur desa-desa yang dikuasai Ahrar Sham di Gunung al-Zawiyah di utara provinsi Idlib.

Dilaporkan pula bahwa salah seorang petinggi al-Nusra yang memiliki julukan Abu al-Qaqdhan al-Misri  telah menaiki mimbar Masjid Jami’ al-Kabir di distrik Sarmada dengan cara paksa. Dia mengancam penduduk dengan senjata setelah penduduk menolaknya naik mimbar.

Al-Nusra bertekad untuk menyingkirkan kelompok-kelompok bersenjata di Gunung al-Zawiyah, Idlib dan pinggiran provinsi Aleppo. Mereka memperluas serangan dan kekuasaanya hingga menguasai distrik Halfaya dan menekan Jaish al-Hur agar bergabung dengannya atau menyingkir dari Halfaya. Mereka juga menguasai distrik al-Dana, salah satu markas Ahrar al-Sham di pinggiran Idlib.

Al-Nusra jug menyerang markas-markas Jaish al-Mujahidin dan Jabhat al-Shamiyah, membunuh puluhan anggota keduanya di provinsi Idlib, menguasai gudang-gudang amunisi dan senjata milik keduanya, dan memutus jalur antara dua kota Ma’arrat al-Nu’man dan daerah Saraqib di pinggiran selatan kota ini. Hal ini menunjukkan betapa kelompok-kelompok teroris lawan al-Qaeda, terutama Ahrar al-Sham, telah jauh melemah.

Al-Nusra juga menyerang markas-markas kelompok Jaish al-Shumal di kota Azas, menghancurkan beberapa di antaranya, dan menawan puluhan anggota kelompok ini.  Al-Nusra dan dua sekutunya, Jund al-Aqsa dan Liwa’ al-Haq, juga menguasai distrik Kfar Jum dan area pertanian di selatan provinsi Aleppo. (mm/alalam/raialyoum)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL