Mosul, LiputanIslam.com –  Dua distrik lagi di Mosul, Irak utara, berhasil dibebaskan oleh pasukan Irak dari cengkraman kelompok teroris ISIS, Senin (16/1/2017), dan kini pasukan Irak sedang bergerak mendekati Masjid Jami’ Nabi Yunus as.

Letjen Abdul Amir Rashid Yarallah dalam sebuah statemennya menyatakan pasukan Irak telah membebaskan distrik al-Kindi dan al-Qairun di bagian timur laut Mosul.

“Pasukan Irak telah mengibarkan bendera Irak di atas bangunan-bangunan dua distrik ini setelah musuh menderita kerugian jiwa dan perlengkapan,” ungkapnya.

Pasukan Irak juga dilaporkan terlibat pertempuran sengit melawan ISIS di perbatasan kawasan Nabi Yunus as di Mosul timur.

Ahmad Adnan al-Talibi, perwira Divisi 9 Pasukan Lapis Baja Irak mengatakan, “Pasukan gabungan (Divisi 9 dan Pasukan Kepolisian Federal) yang didukung Pasukan Kontra Terorisme mulai menyerbu kawasan Nabi Yunus,” katanya.

Dia menjelaskan kepada Anadolu bahwa ISIS melakukan perlawanan sengit dengan mengandalkan sejumlah besar sniper dan pasukan serangan bunuh diri (inghimasi).

“Mereka bertempur hingga detik penghabisan, dan ketika merasa sudah mendekati kekalahan mereka segera meledakkan diri,” ujarnya.

Dia menambahkan, “Angkatan bersenjata Irak bertujuan menguasai area Masjid Jami’ Nabi Yunus yang sudah dihancurkan ISIS pada tahun 2014 dan terletak di bukit setinggi tujuh meter.”

Menurutnya, jika berhasil menguasai area ini maka pasukan Irak akan dapat mengusai empat distrik al-Nu’maniyah, al-Sawis, al-Jamasah, dan Nineveh Timur.

“Pasukan Irak bertekad untuk mencetak kemenangan, betapapun besar kesulitan dan kendala yang dipasang oleh ISIS,” lanjutnya.

Seperti diketahui, pasukan Irak memulai operasi pembebasan Mosul sejak 17 Oktober lalu, dan kemarin dilaporkan bahwa sejauh ini mereka sudah berhasil membebaskan 95% wilayah timur kota yang diduduki ISIS sejak 2014 tersebut. (mm/raialyoum)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL