ما ميزات الطائرة الأمريكية التي أسقطتها سوريا؟Damaskus, LiputanIslam.com – Pakar militer Hassan al-Hassan Rabu (18/3/2015) menyatakan kepada kantor berita Rusia RIA Novosti bahwa pesawat nirawak (drone) Amerika Serikat (AS) yang tertembak jatuh oleh tentara Suriah tergolong canggih dan sengaja diterbangkan untuk mengintai posisi-posisi pasukan Suriah demi kepentingan para pemberontak.

Pesawat itu tertembak jatuh Selasa malam lalu di pinggiran kota Latakia di bagian barat laut negara ini di dekat perbatasan Turki. Pesawat itu rontok setelah menerobos masuk ke zona udara Suriah melalui perairan. Belakangan, pihak AS mengakui kehilangan kontak dengan pesawatnya nirawaknya di Suriah.

“Pesawat ini canggih dan berkemampuan menangkap pergerakan pasukan Suriah. Manuver dan komando dari markasnya adalah untuk mengidentifikasi rahasia-rahasia militer dalam rangka memberikan informasi kepada para teroris,” ujar al-Hassan, sebagaimana dimuat situs Sputniknews.

Dia tidak menepis kemungkinan drone itu juga memiliki kemampuan tempur sehingga bisa saja bermaksud menyerang fasilitas militer maupun sipil.

Menurutnya, kerontokan pesawat nirawak canggih AS itu membuktikan efektivitas pasukan Suriah dan kesiapan mereka untuk memberikan segala kejutan.

Dia menambahkan bahwa apa yang terjadi di Latakia bukan berarti tentara Suriah telah mengadopsi sistem pertahanan udara baru.

Untuk menjatuhkan pesawat nirawak, senjata anti pesawat tempur konvensional atau sistem pertahanan udara masih dapat digunakan. Adapun senjata jenis apa yang digunakan dalam kasus ini, itu tetap merupakan rahasia militer yang diketahui hanya oleh para komandan militer,” katanya. (mm)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*