Teheran, LiputanIslam.com –  Pemimpin Besar Iran Grand Ayatullah Sayyid Ali Khamenei menegaskan bahwa kerjasama Iran dan Rusia dalam urusan Suriah merupakan satu contoh nyata dan pengalaman yang sangat baik untuk kerjasama bilateral Teheran-Moskow, dan kerjasama ini dapat diperkuat lagi untuk berbagai isu global.

Dalam sambutannya ketika ditemui Presiden Rusia Vladimir Putin di sela pertemuan puncak segitiga Iran, Rusia, dan Turki di Teheran, Jumat (7/9/2018), Khamenei juga menegaskan bahwa Iran dan Rusia dapat bekerjasama untuk “menghentikan bahaya AS bagi kemanusiaan.”

Menyinggung perkembangan situasi di Suriah, Khamenei menilai ambisi AS kandas di negara pimpinan Presiden Bashar Assad tersebut.

Dia juga menyebutkan bahwa sanksi AS secara terpisah terhadap Iran, Rusia, dan Turki merupakan “titik temu yang sangat kuat untuk kerjasama tiga negara ini”, dan berharap Teheran dan Moskow dapat mengembangkan kerjasama diplomatik dan ekonominya demi menindaklanjuti berbagai kesepakatan yang dicapai antara keduanya.

Mengenai perjanjian nuklir Iran, Khamenei memastikan konsistensi Iran kepada semua isi perjanjian ini, namun juga mengingatkan bahwa Eropa tidak mengimbanginya dengan konsistensi yang sama sehingga Iran akan mengambil sikap terhadap perjanjian ini sesuai interes dan martabat negara ini, termasuk dalam kapasitasnya sebagai bagian dari umat Islam. (mm/alalam)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*