مقتل 200 مسلح من "النصرة" و"داعش" بمعارك وكمائن بالقلمونBeirut, LiputanIslam.com – Beberapa sumber militer Suriah menyatakan pihaknya berhasil membunuh tak kurang dari 200 militan bersenjata anggota Front al-Nusra dan Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS) dalam sebuah operasi penyergapan yang terjadi di kawasan terpencil Qalamoun di Rif Damaskus, demikian dilaporkan Alalam mengutip laporan TV Almanar, Sabtu (2/8).

Mereka disergap oleh satuan-satuan militer Suriah Jumat malam kemarin (1/8) ketika bergerak menyusup dari wilayah Lebanon menuju kawasan terpencil Qalamoun.

Sementara itu, TV resmi Suriah sendiri menyebutkan puluhan militan bersenjata yang tewas dalam peristiwa tersebut.
“Pasukan Suriah telah mencegat upaya kelompok-kelompok teroris menyusup dari perbatasan Lebanon di kawasan terpencil Arsal menuju distrik al-Jabbah di Qalamoun, Rif Damaskus. Pasukan Suriah berhasil membunuh puluhan orang di antara mereka,” ungkap sebuah sumber militer kepada TV Suriah.

Jumlah puluhan juga dilaporkan oleh AFP berdasarkan keterangan Lembaga Pengawas Hak Asasi Manusia Suriah, yaitu LSM yang dekat dengan kelompok oposisi Suriah dan berbasis di Inggris.

“Tak kurang dari 50 anggota ISIS dan Front al-Nusra tewas dalam sebuah operasi penyergapan yang dilancarkan pasukan Suriah di kawasan al-Jabbah di kawasan terpencil Qalamoun,” ujar Sami Abdurrahman, ketua LSM tersebut. Menurutnya, pertempuran antara keduanya berlangsung sengit dari Jumat malam hingga Sabtu pagi.

Untuk diketahui, kawasan Qalamoun pernah dikuasai oleh pemberontak dan ekstrimis bersenjata, tapi sejak pertengahan April lalu berhasil direbut kembali oleh pasukan Suriah yang dibantu milisi Hizbullah setelah terlibat pertempuran yang berlangsung beberapa bulan. Kelompok pemberontak dan ekstrimis terpaksa kabur dari wilayah pedesaan ke daerah-daerah pegunungan terpencil, bersembunyi di dalam gua-gua yang ada, dan dari situ sesekali mereka mencoba melancarkan serangan ke pos-pos pasukan Suriah dan milisi Hizbullah di berbagai wilayah pedesaan Qalamoun. (mm)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL