irak_albailawi tokoh nmr 2 ISILBaghdad, LiputanIslam.com – Tokoh nomor dua kelompok teroris Daulat Islam Irak dan Suriah (ISIL) tewas di tangan pasukan Irak sebelum sempat meledakkan bom yang melekat di tubuhnya di kota Mosul Kamis kemarin (5/6/2014). Selain dia, 40 nyawa anggota ISIL lainnya juga melayang diterjang operasi pasukan Irak.

“Pasukan Reaksi Cepat Koamando Operasi Nainawa sore hari ini (Kamis) berhasil membunuh tokoh nomor 2 kelompok teroris ISIL, Adnan Ismail al-Bailawi, sebelum dia sempat meledakkan dirinya di kawasan pertanian di sisi kiri kota Mosul,” ujar sumber kepolisian Irak, sebagaimana dilansir al-Sumaria.

Sumber itu menambahkan bahwa al-Bailawi membawa kartu identitas palsu, dan dia berhasil berhasil dihabisi oleh pasukan Irak melalui sebuah operasi yang didukung data-data intelijen yang akurat.

Sementara itu, lembaga pemberitaan Ynews mengutip keterangan sumber intelijen Irak bahwa pasukan keamanan Irak berhasil membunuh ketua Dewan Laskar ISIL, Abu Abdul Rahman al-Bailawi. Dari tokoh ISIL ini pasukan Irak menemukan dokumen yang menunjukkan keberadaan pemimpin tertinggi ISIL, Abu Bakar al-Baghdadi, di Irak.

Sumber itu menambahkan bahwa nama asli Abu Abdul Rahman al-Bailawi adalah Ismail Najm, yang merupakan ketua Dewan Laskar ISIL serta wakil Abu Bakar al-Baghdadi. Dia terbunuh di sebuah kawasan pertanian di kota Mosul, dan jenazahnya sudah dipindah ke Baghdad dengan pengamanan ekstra ketat.

Pasukan Irak yang berhasil menghabisi nyawa al-Bailawi telah menemukan beberapa dokumen penting antara lain surat bertema “Emirat Irak di Negara Islam” yang hendak dilayangkan al-Bailawi kepada al-Baghdadi. Dari surat-surat itu diketahui bahwa Abu Bakar al-Baghdadi sekarang berada di Irak setelah kembali dari Suriah.

Al-Bailawi berasal dari suku Albu Bali yang tinggal di Khalidiah, sebuah kawasan yang terletak di antara Ramadi dan Fallujah.
Komisi Keamanan Dewan Perwakilan Daerah Nainawa juga mengabarkan operasi tentara Irak di Mosul yang menewaskan sekitar 40 elemen ISIL tersebut. Dinyatakan bahwa dalam operasi itu tentara Irak yang didukung serangan udara juga telah menghancurkan sedikitnya 12 mobil milik jaringan teroris ISIL (mm/alsumaria/ynews)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL