tentara turkiIstanbul, LiputanIslam.com – Tiga tentara Turki tewas diserang anggota Partai Pekerja Kurdi Turki (PKK) di kawasan Sirnak, bagian tenggara Turki, yang mayoritas penduduknya bersuku Kurdi, Kamis (30/7). Pihak militer Turki, sebagaimana dilaporkan Hurriyet, menyatakan bahwa satu di antara kawanan bersenjata PKK yang menyerang juga tewas dalam peristiwa ini, sedangkan tentara yang tewas satu diantaranya perwira.

Kekerasan di Turki merebak menyusul peristiwa serangan bom bunuh diri yang menewaskan 31 aktivis simpatisan Kurdi dan melukai sekitar 100 lainnya di kota Suruc di bagian selatan negara ini beberapa waktu lalu.

Puluhan anggota polisi dan tentara Turki menjadi korban serangkaian aksi kekerasan, beberapa di antaranya tewas.
Jalur suplai gas Iran ke Turki dan jalur suplai minyak Irak ke Turki juga tak luput dari serangan bom.

Dalam beberapa hari terakhir aparat keamanan Turki meringkus lebih dari 1300 oposan pemerintah Turki dan para tersangka serangan teror di berbagai kawasan negara ini.

Rabu lalu (29/7) Presiden Turki Recep Tayip Erdogan menyatakan tidak mungkin pihaknya melanjutkan upaya damai dengan pihak Kurdi. Beberapa jam setelah pernyataan ini, beberapa jet tempur Turki menggempur posisi-posisi Kurdi di bagian utara Irak dan bagian tenggara Turki.

Kamis kemarin (30/7) kantor Perdana Menteri Turki merilis statemen menyatakan bahwa jet-jet tempur itu telah membombardir beberapa pangkalan, gudang dan gua-gua di enam kawasan. Dalam beberapa hari ini serangan itu merupakan yang terbesar dan merupakan awal serangan masif Turki terhadap milisi Kurdi dan kawanan teroris ISIS di bagian utara Suriah.

Pemerintah Irak mengingatkan bahwa serangan udara Turki ke bagian utara Irak merupakan tindakan yang sangat berbahaya dan pelanggaran terhadap kedaulatan Irak. Meski demikian, Perdana Menteri Turki Ahmet Davutoglu malah menyebut serangan terhadap Kurdi dan ISIS itu sebagai penumpasan terorisme secara terkordinir. (mm)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL