isis irakBaghdad, LiputanIslam.com – Puluhan anggota kelompok teroris takfiri Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS) tewas diterjang serangan udara pasukan Irak di sekitar kota Amirli, provinsi Salahuddin, yang terkepung oleh ISIS, demikian dilaporkan Kementerian Pertahanan (Kemhan) Irak dalam statemennya yang dirilis Jumar (22/8), sebagaimana dilansir Alalam.

Kemhan Irak menyebutkan bahwa dalam serangan itu pasukan udara Irak juga berhasil menghancurkan beberapa peralatan perang ISIS serta mencapai banyak kemajuan dalam upaya memecah kepungan ISIS terhadap kota kecil yang dihuni oleh warga Syiah di kawasan Tuz Khormato, Irak utara, tersebut.

Selain puluhan anggota ISIS tewas akibat serangan udara pasukan Irak, sebanyak 14 anggota kelompok ekstrim itu juga menemui ajalnya di tangan penduduk Amirli ketika mereka berusaha memasuki Amirli.

Beberapa waktu lalu para pejabat lokal Amirli di kawasan Tuz Khormato, provinsi Salahuddin, meminta segera dikirim bantuan kemanusiaan dan dilakukan upaya pemecahan kepungan ISIS tersebut. Mereka menyakan sudah lebih dari dua bulan kota itu dikepung ISIS. Penduduk setempat melawan ISIS dengan perlengkapan seadanya, dan kondisi mereka terus melemah akibat minimnya air dan bahan makanan.

Para pejabat dan komandan pertahanan di wilayah yang dihuni oleh sekitar 20,000 penduduk itu juga meminta militer Irak segera mendatangi lokasi untuk mengusir kawanan ISIS dan mengirim bantuan kemanusiaan secepatnya melalui udara. Para pejabat itu mengingatkan bahwa tragedi genosida seperti yang terjadi Srebenica di Bosnia tahun 1995 akan terulang di Irak jika bantuan terlambat datang.

Sejauh ini AS maupun Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) serta Dewan Keamannya sama sekali tidak menyinggung situasi genting di Armili. Hal ini tak urung membangkitkan reaksi kecaman dari publik Irak, termasuk kalangan Sunni. (Baca: Syiah di Amirli Dikepung ISIS, Ulama Sunni Irak Kecam Diskriminasi AS)

Sementara itu, di provinsi Baghdad, pasukan Irak juga berhasil menghabisi 24 teroris, beberapa di antaranya komandan ISIS, di kawasan al-Musyahadahm utara kota Baghdad.

Di provinsi Anbar, sembilan anggota ISIS, empat di antaranya warga negara Arab asing, tewas akibat serangan artileri pasukan Irak terhadap salah satu markas mereka di kawasan al-Sajar di utara kota Fallujah.

Di kota Fallujah sendiri, beberapa anggota ISIS tewas dan sebagian lainnya cidera ketika mereka berusaha menyerang dan menguasai sebuah bendungan tanah namun digagalkan oleh pasukan Irak. (mm)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL