operasi irak di al-karmahBaghdad, LiputanIslam.com – Kementerian Pertahanan Irak menyatakan sebanyak 21 anggota kelompok teroris takfiri Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS) tewas, satu di antaranya berstatus komandan berkewarganegaraan Arab Saudi, dan tiga kendaraan mereka hancur di persimpangan kota Fallujah, provinsi Anbar di bagian barat Irak.

“Pasukan dari dinas intelijen militer hari ini telah melancarkan serangan rudal terhadap posisi-posisi ISIS di persimpangan Fallujah. Serangan ini menyebabkan 21 anggota ISIS, termasuk komandan teroris yang berjulukan Abu Abdillah dan berkewarganegaraan Arab Saudi, tewas . Pasukan juga berhasil menghancurkan tiga kendaraan dan sejumlah markas mereka, ’ katanya, Kamis (2/7), seperti dilansir al-Sumaria News.

Pasukan keamanan Irak Rabu lalu (1/7) memulai operasi militer untuk pembebasan kawasan al-Hitawiyyin di selatan Fallujah. Sumber-sumber keamanan menyatakan telah terjadi pertempuran sengit antara pasukan Irak dan pasukan ISIS.

Sementara itu, TV al-Mayadeen melaporkan telah terjadi ledakan bom di kawasan perbatasan antara provinsi Anbar dan Karbala. Ledakan itu diketahui sebagai serangan bom bunuh diri yang dilakukan di daerah al-Nakhib.

Hingga berita ini disusun belum ada keterangan mengenai korban yang jatuh akibat serangan teror tersebut.

Di bagian lain, Perdana Menteri Irak Haider Abadi mengimbau Turki supaya memperketat keamanan di perbatasan Turki dengan Suriah untuk membendung mengalirnya para ekstrimis asing untuk bergabung dengan ISIS. Dalam kontak telefon dengan sejawatnya di Turki, Ahmet Davutoglu, dia mengingatkan bahwa sektarianisme yang ditebar ISIS di Suriah berdampak langsung pada Irak dan Turki.

Di pihak lain, Davutoglu menyatakan kesiapan Ankara bekerjasama dengan Baghdad di bidang keamanan dan intelijen untuk memerangi terorisme. Dia juga menyatakan kesiapan pemerintahannya untuk bekerjasama memerangi ISIS.

Pada November 2014 Davutoglu berkunjung ke Irak dan menemui presiden Irak Fouad Massoum, Perdana Menteri Haeder Abadi dan sejumlah petinggi Irak lain. Selain membicarakan hubungan bilateral, mereka juga membahas kerjasama kedua negara di bidang penanggulangan terorisme. (mm)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL